Panduan Membayar Pajak untuk Sebuah Bisnis Kecil

Panduan Membayar Pajak untuk Sebuah Bisnis Kecil
Membayar pajak dianggap sebagai kewajiban oleh setiap warga Negara, apalagi saat ini membayar pajak bisa sangat mudah dilakukan dengan adanya pajak online. Jika Anda mempunyai sebuah usaha bisnis, maka Anda harus membayar pajak. Sebab jika tidak membayar pajak, maka lembaga pemerintah yang mengawasi pajak memberikan Anda hukuman, seperti denda atau dipenjara.

Mengapa pajak sangat penting? Sebab uang yang Anda bayar dalam bentuk pajak mengalir ke banyak tempat. Selain membayar gaji pekerja pemerintah, pajak juga membantu mendukung sumber daya umum lainnya. Berikut adalah pentingnya membayar pajak untuk sebuah bisnis. 



Panduan  Membayar Pajak untuk Bisnis

Uang pajak membantu memastikan jalan yang Anda lalui aman dan terawat dengan baik. Pajak mendanai semua fasilitas umum negara. Pajak juga digunakan untuk mendanai banyak jenis program pemerintah yang membantu orang miskin dan kurang beruntung, serta banyak sekolah!

Setiap tahun ketika pajak bergulir, orang dewasa dari segala usia harus melaporkan pendapatan mereka ke Direktorat Jenderal Pajak menggunakan formulir pajak khusus. Ada banyak, undang-undang yang menetapkan aturan tentang berapa banyak pajak yang terutang dan jenis pengeluaran khusus apa dapat digunakan  untuk menurunkan jumlah pajak yang harus Anda bayar.

Berikut adalah panduan pembayaran pajak untuk Anda pelaku bisnis :

1. Catat Tanggal Jatuh Tempo
Dikarenakan usaha kecil mengajukan pengembalian pajak bisnis mereka dengan pengembalian pribadi, maka tanggal jatuh tempo sama dengan tanggal pengembalian pajak penghasilan pribadi. Misal jika jatuh tempo masuk pada hari libur atau akhir pekan, hari kerja berikutnya adalah tanggal jatuh tempo pada tahun itu.

2. Hitung Pajak Wirausaha
Pemilik usaha kecil harus membayar pajak wirausaha (Jaminan Sosial / Pajak Perawatan) atas pendapatan bersih (laba) dari bisnis mereka. Jika Anda tidak memiliki penghasilan dari bisnis selama tahun itu, atau penghasilan Anda kurang dari angka minimal 50 juta omset bersih untuk tahun itu, Anda tidak perlu membayar pajak wirausaha.

Penjelasan yang disederhanakan tentang bagaimana pajak wirausaha dihitung:
  • Masukkan penghasilan bersih bisnis Anda
  • Lipat gandakan penghasilan ini dengan 92.35% (0.9235)
  • Lipat gandakan angka ini dengan 15,3% (tarif pajak wirausaha) untuk mendapatkan jumlah kewajiban pajak wirausaha Anda.
  • Jumlah ini digunakan untuk menentukan kelayakan tunjangan Jaminan Sosial / Medicare Anda untuk tahun tersebut.
  • Anda dapat mengurangi setengah dari pajak wirausaha untuk mengurangi penghasilan kotor Anda yang disesuaikan untuk tahun tersebut.
3. Ajukan  Permohonan untuk Perpanjangan Pajak Anda
Anda dapat mengajukan perpanjangan waktu otomatis untuk mengajukan pajak, termasuk pajak usaha kecil. Perpanjangan ini bisa berlangsung enam bulan untuk pengembalian pajak non-perusahaan. Contoh, tanggal jatuh tempo untuk pengembalian adalah 15 Oktober (kecuali 15 Oktober adalah akhir pekan atau hari libur, dalam hal ini tanggal jatuh tempo adalah hari kerja berikutnya.

Jika Anda kebingungan menentukan berapa pajak yang harus Anda keluarkan dan bagaimana cara untuk membayar pajak online untuk bisnis Anda, maka aplikasi bernama “Buku Warung” sangat cocok untuk Anda instal. Buku Warung bisa menghitung pajak online yang harus Anda keluarkan setiap tahunnya. Yuk, instal segera di smartphone Anda.

Latest
Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon