Langkah Mudah Agar Aki Motor Nggak Cepat Soak

Langkah Mudah Agar Aki Motor Nggak Cepat Soak
Dari sekian banyak komponen yang terdapat dalam sebuah motor, aki motor atau ACCU merupakan salah satu bagian yang memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya, peranti berbentuk kubus yang satu ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik sehingga motor dapat dinyalakan secara elekrik menggunakan starter. Selain itu, aki juga memiliki fungsi yang cukup luas yakni membantu menyalakan komponen kelistrikan lainnya seperti head lamp, klakson, sign lamp, lampu indicator, dan perangkat elektronika lainnya dalam motor. 

Nah, mengingat fungsinya yang sangat luas, salah satu kendala yang kerap muncul adalah aki soak (mati) sehingga motor tidak dapat beroperasi seperti biasanya. Untuk mencegah aki agar tidak mudah soak, ternyata ada beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan, lho! Apa aja tipsnya? Berikut adalah ulasannya!

1. Panaskan motor setiap hari
Salah satu tips yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan motor setiap hari untuk menstimulasi aki agar tidak kaku. Hindari memanaskan motor menggunakan starter, sebagai gantinya, kamu bisa menyalakan motor secara manual menggunakan kick starter. Panaskan motor minimal 10 menit setiap harinya agar aki dapat terstimulasi secara konsisten!

2. Jangan paksa starter saat aki terindikasi soak
Salah satu kesalahan yang kerap masih diakukan oleh sebagian besar pengguna motor adalah tetap menyalakan motor menggunakan starter padahal motor sudah susah dinyalakan karena aki sudah mengalami kerusakan. Ketika terus menerus dipaksa, justru akan memperparah kondisi aki. Jika kamu mengalami kesulitan melakukan starter motor, berilah jeda selama 5 detik untuk melakukan starter ulang. Jika masih tidak bisa, berarti aki motor memang sudah soak dan harus diganti. 

3. Matikan semua komponen elektrik sebelum mematikan motor
Saat kamu hendak mematikan motor, pastikan komponen-komponen elektrika seperti head lamp, sign lamp, lampu indicator, dan komponen lainnya sudah mati. Sebab, salah satu penyebab aki sering soak bisa jadi disebabkan oleh beban aki terlalu besar saat motor dinyalakan Kembali karena semua komponen elektrikanya menyala secara bersamaan.

4. Periksa secara berkala
Langkah sederhana yang perlu kamu jadikan kebiasaan adalah mengecek keadaan aki secara berkala. Jika aki sudah terindikasi rusak ataupun soak, jangan menunggu sampai ia mati dan tidak berfungsi secara total, segera ganti aki motor dengan yang baru dan minta bantuan petugas bengkel untuk menggantinya jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri

5. Beli aki yang berkualitas
Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar aki motor tidak soak adalah membeli produk aki berkualitas dari merek-merek ternama. Selain itu, jangan sembarangan membeli aki motor. Dapatkan produknya hanya di toko-toko resmi atau bengkel-bengkel resmi agar kualitasnya terjamin. Kalau kamu termasuk orang yang anti ribet, kamu bisa mendapatkan aki motor dari platfotm online terpercaya seperti Indotrading yang menyediakan berbagai jenis aki motor berkualitas dari ribuan supplier terpercaya se-Indonesia.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah aki agar tidak mudah soak. Pusing juga kan kalo terlalu sering ganti aki karena seing soak! Yuk, saatnya rawat aki motor dengan langkah-langkah sederhana di atas agar aki tetap awet dan tahan lama! Selamat mencoba!

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon