Cara Agar Perangkat Elektronik di Rumah Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Agar Perangkat Elektronik di Rumah Tetap Awet dan Tahan Lama
Memiliki berbagai barang elektronik yang awet dan tahan lama adalah impian semuanya. Namun, tak jarang barang elektronik mudah rusak meskipun baru dipakai beberapa kali saja. Bahkan, kerap kali terjadi pada barang yang bermerek sekalipun. Lantas, bagaimana menjaga agar perangkat elektronik di rumah seperti TV, kulkas, setrika, microwave, dan peralatan lain agar tetap awet dan tahan lama? 




Berikut ini merupakan tipsnya!

1. Letakkan di tempat yang tepat
Salah satu karakteristik dari barang elektronik adalah mengeluarkan panas saat dioperasikan. Nah, tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah meletakan perangkat elektronik di permukaan tempat yang rata dan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Pasalnya, jika kamu meletakkan di tempat yang pengap atau tidak memiliki sirkulasi udara yang lancar, barang elektronik akan mudah rusak karena over heat. namun, perlu diingat juga, hindari meletakkan barang elektronik di tempat yang lembap yang menyebabkan korosi sehingga barang mudah rusak.

2. Gunakan semestinya
Gunakanlah barang elektronik dengan semestinya dan sesuai dengan aturan. Sebelum menggunakan berbagai perangkat elektronik, ada baiknya kamu membaca buku panduan terlebih dahulu agar mengerti aturan pakainya seperti apa. Sebab, bisa jadi kerusakan barang elektronik diakibatkan oleh pemakaian kita yang sembarangan. Misalnya, lemari es seharusnya tidak boleh diisi terlalu padat karena akan menghambat sirkulasi pendinginan. Hal-hal seperti itu perlu kamu ketahui sebelumnya, ya!

3. Sesuaikan dengan besaran tegangan lisrtik di rumah
Pneting sekali untuk mengecek tegangan barang elektronik sebelum menggunakannya. Sesuaikanlah dengan tegangan/voltase listrik di rumah. Jika masih memadai, maka tidak ada masalah menggunakannya. Namun, jika tidak sesuai, kamu harus menggunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan/voltase listrik di rumah agar penggunaan barang elektonik bebas hambatan. 

4. Gunakan UPS jika listrik tiba-tiba padam
Pemadaman listrik sering terjadi dan kadang tidak bisa diprediksi. Hal ini tentu akan berakibat buruk pada eksistensi perangkat elektronik. Sebab, listrik yang tidak stabil akan mempercepat kerusakan barang elektronik di rumahmu. Nah, untuk mengakalinya kamu juga bisa menggunakan UPS sebagai power supply sementara. Fungsi dari UPS itu sendiri adalah sebagai listrik cadangan sementara jika tegangan listrk PLN tiba-tiba mati atau tidak berfungsi. Dengan begitu, perangkat elektronik akan tetap awet karena tegangan listrik yang dihasilkan juga stabil. Kamu bisa mendapatkan UPS berkualitas hanya di platform Indotrading.com.

5. Segera perbaiki jika ada kerusakan kecil
Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh Sebagian besar orang adalah mencoba memperbaiki barang elektronik sendiri hanya dengan dasar coba-coba. Hal ini tentu saja sangat keliru. Perbaiki barang elektronik pada ahlinya meskipun kerusakan yang dialaminya hanya sedikit. Sebab, jika diperbaiki sendiri, potensi kerusakannya bisa jadi justru semakin besar karena kamu tidak tahu komponen mana yang mengalami kerusakan. 

Nah, bagaimana? Apakah peralatan elekronik di rumahmu juga tergolog tidak awet? Mungkin itu juga diakibatkan oleh penggunaan yang masih sembarangan ya? Mulai saat ini, sadar akan poin-poin di atas yuk agar perangkat elektronik lebih awet dan tahan lama!

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon