Termometer Digital atau Air Raksa, Manakah yang Lebih Baik?

Termometer Digital atau Air Raksa, Manakah yang Lebih Baik?

Termometer atau alat pengukur suhu sebenarnya ada beberapa jenis. Namun, saat ini, ada dua macam termometer yang cukup populer digunakan, yaitu termometer digital dan termometer air raksa. 

Anda mungkin menerka-nerka, mana yang lebih baik? Termometer digital atau termometer air raksa? Atau Anda memang sudah memiliki keduanya. 

Terlepas dari itu, dua termometer ini sering digunakan untuk mengukur suhu tubuh oleh masyarakat pada umumnya. Dan sebelum menentukan mana yang terbaik, simak dulu mengenai fungsi dan kelebihan dari masing-masing termometer di bawah ini ya!

Termometer Digital

Termometer digital merupakan termometer terbaru yang kegunaannya sama dengan termometer air raksa. Bisa dibilang, termometer ini adalah generasi mutakhir dari termometer air raksa. Pada termometer digital pembacaan nilai suhu yang ditampilkan langsung dalam bentuk angka yang tertera pada layar kecil termometer. 

Mekanisme sensor suhu pada termometer digital menggunakan logam yang akan memuai dan pemuaiannya tersebut akan diterjemahkan oleh rangkaian elektronik. Selanjutnya akan direspon dan ditampilkan dalam bentuk angka yang langsung bisa Anda baca. 

Selain itu, termometer digital dilengkapi dengan memori, sehingga Anda juga bisa membandingkan suhu tubuh sebelum dan sesudahnya. Jadi, termometer ini lebih efektif untuk melihat perkembangan suhu badan. Sebab, Anda bisa membandingkan sebelum dan setelah minum obat tanpa perlu mencatatnya. Begitu banyak kelebihan dari termometer digital, maka tidak heran harganya terbilang mahal dibandingkan termometer air raksa. 

Waktu yang diperlukan untuk pengukurannya hanya hitungan detik saja, berkisar antara 10 hingga 60 detik. Jadi, ketika Anda membandingkan dengan termometer air raksa, kekurangannya hanya ada pada harganya yang relatif lebih mahal. 
Keunggulan termometer digital antara lain, seperti:
  • Hasil pengukurannya sangat cepat dan akurat hanya dalam hitungan detik saja
  • Nyaman digunakan untuk bayi dan anak-anak karena tersedia dalam bentuk yang fleksibel
  • Ada alarm jika pengukuran suhu telah selesai
  • Angka pengukurannya tertulis besar sehingga mudah dan jelas dibaca dan ada cahaya pada background sehingga sangat mendukung untuk pengukuran suhu di tempat yang kurang cahaya.

Termometer Air Raksa

Termometer air raksa bisa dibilang memiliki teknologi atau cara kerja yang sedikit lebih kuno dibandingkan dengan termometer digital. Termometer ini menggunakan air raksa atau merkuri sebagai pengisinya. 

Anda akan tahu nilai suhunya dari tampilan naiknya air raksa pada pipa kapiler. Jika suhu panas, air raksa akan memuai sehingga Anda akan melihat air raksa pada tabung kaca naik. Sedangkan pada saat suhu turun, air raksa akan tetap berada pada posisi saat suhu panas (yang terakhir) karena adanya kontraksi yang menghambat air raksa untuk kembali ke keadaan semula. 

Untuk mengembalikan air raksa ke posisi dasar, Anda harus mengibas-ibaskan terlebih dahulu termometer ini. Waktu yang diperlukan dalam pengukurannya sekitar 3-5 menit.

Banyak orang memilih termometer air raksa karena ada kelebihannya, yaitu harganya lebih murah dibanding termometer digital. Namun, dalam penggunaannya, ada banyak kekurangan dari termometer ini seperti:
  • Hasil pengukurannya membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan termometer digital
  • Tidak ada alarm penanda jika pengukuran suhu sudah selesai
  • Tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang rendah
  • Air raksa merupakan zat yang berbahaya, sehingga kalau jatuh dan pecah bisa membahayakan penggunanya.
  • Harus dilakukan pencatatan untuk membandingkan suhu sebelum dan sesudahnya.
  • Untuk menggunakannya kembali, harus dikibas-kibaskan hingga air raksa menunjuk pada suhu normal.
Termometer Digital dan Termometer Air Raksa, Manakah yang Terbaik?
Nah, dari beberapa uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa termometer digital lebih unggul dibandingkan dengan termometer air raksa untuk kemudahan pemakaian. Namun, harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan termometer air raksa.

Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangan masing-masing, sekarang Anda bisa menilai sendiri, termometer mana yang lebih unggul. Preferensi dan pilihan setiap orang, tidak bisa dipaksakan. 
Ada yang suka termometer digital karena praktis, tetapi ada yang suka termometer air raksa yang harganya terjangkau. Keduanya, memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dan bisa diandalkan untuk mengecek suhu tubuh. 

Dimana Mendapatkan Supplier Termometer Digital dan Termometer Air Raksa?

Jadi, kalian mau pilih yang mana, termometer digital atau termometer air raksa? Apapun pilihannya, pastikan kalian mendapatkan dari supplier termometer yang handal ya. 

Jika Anda sedang mencari supplier termometer digital terpercaya dan berkualitas di Indonesia, Indotrading.com bisa jadi pilihan. Supplier termometer digital yang tergabung di Indotrading.com, telah diverifikasi dan akan memberikan penawaran harga terbaik. 

Melalui platform Indotrading.com, Anda bisa memilih berbagai jenis termometer, baik yang digital maupun air raksa dengan kualitas prima. Platform Indotrading.com memastikan bahwa setiap supplier termometer yang tergabung akan memberikan produk dan layanan terbaik. 

Selain itu, segala transaksi yang Anda lakukan terjamin keamanannya dengan garansi uang 100% kembali. Hanya melalui Indotrading.com, Anda akan terbebas dan aman dari supplier nakal yang tidak bertanggung jawab atau berisiko  melakukan penipuan.

Apalagi yang kalian tunggu? Ayo, temukan supplier termometer digital dengan penawaran harga terbaik dan nikmati kemudahan transaksinya. 

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon