5 Teknologi Terbaru yang Bakal Menjadi Tren di Tahun 2020

Teknologi terbaru selalu dinanti oleh masyarakat untuk menunjang kehidupan. Seiring berkembangnya zaman,sekarang kita berada pada era digital di mana hampir seluruh aktivitas dapat terjadi dalam jarangan. Sosialisasi, transaksi barang hingga kerja, terjadi di sana.

5 Teknologi Terbaru yang Bakal Menjadi Tren di Tahun 2020

Sumber: https://specials-images.forbesimg.com/imageserve/5d9182dc6c7c8f000990b672/960x0.jpg?fit=scale

Perubahan yang terjadi menyoal teknologi terbaru, tentu tak dapat diterima begitu saja oleh kalangan masyarakat. Mungkin butuh beberapa waktu agar semua bisa beradaptasi. Sebagai contoh, Anda sebagai pemilik bisnis harus memahami digital marketing agar mampu bersaing.

Memasuki dunia digital, segala macam produk dan layanan terkait akan sangat dipersonalisasi. Guna menguraikan segala aspek tersebut, Anda memerlukan visi teknologi yang memenuhi persyaratan untuk terus-menerus mengubah pengalaman sesuai permintaan.

Di luar ranah bisnis, kehidupan sehari-hari lainnya bakal terdampak oleh kemajuan zaman. Itulah mengapa Anda harus beradaptasi dengan teknologi terbaru yang diprediksi bakal menjadi tren tahun 2020. Apa sajakah itu? Agar lebih jelas, simak penjelasannya sebagai berikut!

5 Teknologi Terbaru Sekaligus Tren Tahun 2020

1. Jaringan 5G
Munculnya 5G adalah salah satu teknologi terbaru yang paling penuh teka-teki dan diprediksi dapat memengaruhi bisnis pada dekade 2020. Banyak pakar industri menyebut 5G sebagai masa depan komunikasi, sehingga hal tersebut bakal bisa kita lihat secara kasat mata tahun ini.
Jaringan nirkabel 5G digambarkan mampu mendukung peningkatan kapasitas 1.000 kali lipat, koneksi untuk setidaknya 100 miliar perangkat dan pengalaman pengguna individu 10gb/detik dari latensi. Penyebaran jaringan ini akan diperkirakan muncul mulai tahun ini hingga 2030.

2. Penyetiran Kendaraan Otomatis
Kita semua telah mendengar tentang perusahaan seperti Tesla, Alphabet, dan Waymo yang hendak membuat teknologi terbaru berupa penyetiran kendaraan otomatis alias autonomous driving. Gagasan tersebut memunculkan decak kagum dan respons positif dari masyarakat.

Kepala Tesla, Elon Musk, pernah menjelaskan bahwa perusahaannya sudah memiliki desain kendaraan otonom di masa depan dan bertujuan untuk menjadi besar di industri ini. Berdasarkan perhitungan waktu, ia menargetkan produksi lebih dari satu juta taksi robot. Menakjubkan!

3. Internet of  Things (IoT)
Konsep IoT yang canggih bakal berdampak pada perusahaan manufaktur. Mereka bakal merasakan teknologi terbaru ini dari segi otomatisasi mesin, logistik, hingga penjadwalan produksi. Kolaborasi dengan aspek lain, semisal 5G, semakin memperkuat kecanggihan tersebut.

Kedua hal di atas, yakni pengembangan teknologi penginderaan kolaboratif dari IoT dan teknologi komunikasi 5G, mampu membuat setiap perusahaan memproduksi banyak hal secara masif dalam kurun waktu ynag cepat. Kebutuhan sehari-hari bakal lebih terpenuhi.

4. Financial Technology (Fintech)
Meski telah ada sejak beberapa tahun silam, namun fintech di tahun 2020 bakal menjadi teknologi terbaru yang diakui keberadaannya. Hal ini dapat membantu para startup membangun inovasi produk keuangan yang berbeda jika dibandingkan model perbankan konvensional.

Lebih dari sekadar investasi berupa penanaman modal, fintech nantinya bakal bergerak lebih fleksibel ke segala arah terkait finansial dan teknologi. Hal tersebut meliputi remitansi, blockchain, uang digital seperti kripto, analisis data, asuransi dan sebagainya.

5. Teknologi Medis
Tren teknologi terbaru yang begitu dinantikan pada tahun 2020 adalah kecanggihan peningkatan teknologi di bidang medis. Sebagai contoh, kini mulai beredar isu soal pengembangan bisnis baru prosthetics yang canggih dan diklaim mampu menandingi fungsi asli organ tubuh.

Sebagai contoh, para ilmuwan di Princeton University telah mencetak 3D "telinga bionik" yang dapat "mendengar" frekuensi radio jauh di luar jangkauan kemampuan manusia normal. Tak hanya itu, pihak medis juga tengah mengembangkan berbagai obat untuk penyakit keras.

Itulah tadi lima teknologi terbaru yang bakal dikembangkan dan dapat kita rasakan pada tahun 2020. Masih banyak lagi model kecanggihan tersebut, sehingga masih banyak kemungkinan di luar sana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon