Waspada Maling Mengintai! 7 Tips Menghindari Kejahatan di Rumah

Waspada Maling Mengintai! 7 Tips Menghindari Kejahatan di Rumah

Beberapa bulan terakhir, kriminalitas semakin meningkat bikin ngeri ya, Sobat! Menurut, data dari Kepala Bagian Penum Divisi Humas Polri Kombes per 20 April 2020, 11,80% kejahatan didominasi oleh kejahatan pencurian dan pemberatan (curat). 

Melihat tingginya angka kejahatan ini, harapannya setiap warga meningkatkan keamanan rumah dan lingkungan tempat tinggal. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rumah, agar terhindar dari incaran maling atau oknum kriminal. Untuk lebih jelasnya, yuk kita kupas satu per satu tips menghindari kejahatan di rumah!

1. Mengunci Pintu dan Jendela
Tips menghindari kejahatan di rumah yang pertama adalah kamu perlu mengunci pintu dan jendela, khususnya di malam hari. Bila perlu, pakai kunci pengaman ekstra, agar pintu yang terkunci tidak mudah dibobol atau dicongkel. 

Kamu bisa menggunakan pin tumbler sebagai kunci pertama, selanjutnya melapisi kembali pintu dengan menggunakan kunci tuas.

Dengan menggunakan kunci ganda tersebut, maka maling akan menghabiskan waktu lebih lama untuk membobol pintu rumah dibandingkan jika hanya memakai kunci biasa. Umumnya, maling hanya membutuhkan waktu 60 detik untuk bisa membobol kunci rumah biasa, lho!

Maka itu, ada baiknya juga kamu memasang teralis pada jendela atau ventilasi agar mencegah maling masuk ke dalam rumah.

2. Pastikan Ponsel Selalu Aktif
Selanjutnya, tips keamanan di rumah yang bisa kamu ikuti adalah memastikan ponsel selalu aktif. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mencari bantuan atau menelepon pihak terkait. Terutama, ketika ada hal-hal yang mencurigakan di sekitar tempat tinggal. 

Pastikan ponselmu memiliki terisi daya penuh dan berada dalam jangkauan. Sehingga, apabila mengalami situasi darurat, kamu bisa langsung menghubungi tetangga, kerabat, atau bahkan pihak kepolisian.

3. Usahakan Agar Rumah Tidak Kosong
Kriminal bisa saja terjadi karena ada kesempatan. Salah satunya ketika rumahmu terlihat kosong atau tampak sepi. Biasanya, maling akan mengincar rumah yang sering ditinggal bekerja selama beberapa hari atau rumah yang lampunya tampak tidak menyala di malam hari.

Nah, kamu bisa lho membuat rumah agar terkesan selalu berpenghuni! Bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghidupkan lampu teras atau lampu ruang tengah saat malam hari atau menyalakan radio maupun TV agar terkesan berpenghuni. 

Dengan cara ini, maling yang sebelumnya sudah mengincar rumahmu akan menghindar dan membatalkan aksinya. Hal tersebut tentu karena maling merasa pemilik rumah sedang berada di dalam rumah dan sedang beraktivitas.

4. Jangan Biarkan Barang Tergeletak Sembarangan 
Salah satu tanda rumah yang sedang tidak ada penghuninya adalah banyaknya barang seperti paket atau koran yang bergeletakan di halaman rumah. Keadaan seperti ini menandakan bahwa pemilik rumah sedang tidak ada di tempat dan siapapun bisa menerobos masuk dengan leluasa.

Jika kamu sedang bepergian dalam waktu lama, maka sebaiknya kamu menyarankan kepada para pengirim paket atau dokumen untuk mengirimkan ke rumah tetangga yang dekat dari rumahmu.
Kamu juga bisa berhenti berlangganan koran untuk sementara waktu dan melanjutkannya lagi ketika sudah pulang ke rumah.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Tetangga
Menjalin hubungan yang baik dengan tetangga nyatanya menjadi salah satu tips menjaga keselamatan dan menghindari rumah dari maling. Tetangga akan membantu menjaga dan mengawasi rumah, jika dalam keadaan kosong atau sedang ditinggal bepergian.

Jika kamu memiliki hubungan baik dengan tetangga, maka kalian bisa saling melindungi keamanan dan keselamatan satu sama lain. Jika seluruh warga tempat tinggalmu kompak menjaga keamanan lingkungan, pastinya penjahat juga segan melancarkan aksinya di wilayah tersebut.

6. Berhati-hatilah dengan Unggahan di Media Sosial
Zaman sekarang, semua orang sudah mempunyai akses ke sosial media, termasuk para pencuri, perampok, dan penculik. Sebaiknya, ketika mengunggah sesuatu ke media sosial, hindari memamerkan harta atau kekayaan. 

Menonjolkan kekayaan akan membuatmu menjadi target empuk para maling. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak memposting foto-foto liburan pada hari-H liburanmu sedang berlangsung. 

Tindakan ini secara tidak langsung telah memberi tahu para pencuri di luar sana bahwa kamu sedang tidak ada di rumah, dan menjadikan rumahmu menjadi sasaran para maling.

7. Pasang Kamera CCTV
Kamera CCTV merupakan alat yang paling modern dan canggih yang bisa kamu manfaatkan untuk menghindari kejahatan di rumah. Pasangkan beberapa unit pada titik-titik tertentu di sekitar rumahmu, dan kamu bisa selalu memantau kondisi sekitar rumah cukup melalui perangkat mobile.

Maling yang tahu bahwa rumahmu terdapat CCTV, biasanya akan segera menghindar karena sadar aksinya bisa saja terekam kamera keamanan. Cara ini merupakan tips yang paling direkomendasikan untuk kamu.

Jadi, bagaimana, kamu pilih tips yang mana nih untuk menghindari kejahatan di rumah? Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan supplier atau tempat jual cctv terbaik dan berkualitas, kamu bisa coba temukan di marketplace atau direktori bisnis seperti Indotrading.com.

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon