Tutorial Membuat Application Specific Passwords di ZOHO

Generating Application-Specific Passwords (ZOHO)

Anda udah mengaktifkan Two Step Verification atau Multi Factor Authentication (MFA) di email? MFA adalah proses keamanan tambahan untuk mengamankan akun Anda dengan kombinasi kata sandi dan perangkat seluler. Hal ini mengurangi kemungkinan akun Anda diretas dan melindungi data Anda dengan tindakan ekstra yang aman. Bagi pengguna ZOHO Mail ketika MFA aktif maka saat login di aplikasi pihak ketiga seperti contohnya Thunderbird Mail Client, maka untuk login membutuhkan yang namanya Application Spesific Password. 

Application-Specific Passwords adalah Password atau kata sandi khusus aplikasi yang digunakan untuk mengakses akun email dengan kata sandi unik alih-alih menggunakan kata sandi akun Anda. Namun untuk menggunakan password khusus tersebut kita harus meng-generate passwordnya agar dapat digunakan. Lalu bagaimana caranya ? Simak tutorial cara menggenerate Application Specific Passwords di ZOHO berikut ini.

1. Login ke http://www.zoho.com/mail 

2. Klik My Account di link bagian pojok kanan atas  Zoho Accounts.

3. Pilih Security >> App passwords. Lalu klik +Generate New Password


4. Berikan nama perangkat dan password login web Anda saat ini. Nama perangkat hanyalah nama referensi, yang bisa Anda verifikasi / cabut di masa mendatang. Klik 'Generate' untuk menghasilkan password khusus aplikasi.


5. Password tersebut merupakan password yang digunakan untuk setting email pada thunderbird maupun outlook. Kata sandi khusus perangkat hanya akan ditampilkan sekali dan tidak akan ditampilkan lagi. Anda dapat mencabut semua kata sandi jika Anda tidak lagi menggunakan perangkat atau untuk menghapus akses ke aplikasi.



Seperti itulah langkah-langkah dalam membuat Application Specific Passwords di ZOHO. Selalu pastikan anda selalu merubah password secara periodik dan Aktifkan Two step Verification / Multi Factor Authentication agar akun email lebih aman.





Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon