Solusi Kebutuhan Listrik Masa Depan, Yuk Hemat Energi dengan Solar panel

Solusi Kebutuhan Listrik Masa Depan, Yuk Hemat Energi dengan Solar panel

Kalian pernah kebayang nggak, bagaimana jika kita bisa menikmati listrik gratis seumur hidup? 
Inilah yang saat ini mulai menjadi trend di seluruh dunia. Ya, penggunaan solar panel di Indonesia mungkin masih terbilang rendah. Bahkan, tercatat pemanfaatan energi surya ini baru mencapai 0,05% dari potensi keseluruhan. Padahal, bila diterapkan solar panel bisa menghemat listrik dan sangat ramah lingkungan. 

Melihat hal ini, M. Arifin, selaku Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, mengungkapkan bahwa Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga sinar matahari di Indonesia sangat melimpah. Matahari bersinar sepanjang tahun, sehingga sangat optimal jika masyarakat Indonesia menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Nah, sekarang kamu bisa bayangkan sendiri kalau ternyata solar panel, meskipun saat ini masih jarang yang menggunakan di Indonesia. Tetapi, potensi di masa depan sangat baik. 

Cara Kerja Solar Panel

Seperti yang mungkin kalian tahu, solar panel merupakan komponen yang digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan prinsip efek photovoltaic.

Energi listrik yang diproduksi biasanya akan digunakan untuk kebutuhan listrik dan ada yang disimpan terlebih dahulu dengan baterai.

Cara kerja sistem solar panel tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan. Sebab, menggunakan bantuan baterai cadangan tersebut. 

Selanjutnya, listrik didistribusikan ke rumah-rumah melalui sistem panel rumah. Jadi, ketika perangkat elektronik menyala, seperti TV atau lemari es, maka tenaga listrik akan diambil dari solar panel. 

Keuntungan Menggunakan Solar Panel

Bukan hal yang mengejutkan ya, Sobat, saat ini listrik PLN untuk rumah non subsidi telah mencapai 9,7% per tahun. Penyebabnya disinyalir dari berbagai faktor. Termasuk, kenaikan harga bahan bakar utama. 

Pastinya, jika biaya listrik naik, akan mempengaruhi kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Sekalipun tidak naik setiap tahun, namun sekalinya naik, biayanya bisa mencapai 20%-30% lebih mahal. 

Disinilah peran penting solar panel untuk menghemat biaya listrik. Solar panel tidak memakai bahan bakar. Justru, solar panel mengandalkan tenaga matahari yang bisa diperoleh gratis dari alam. 

Coba nih kalian bayangkan, jika solar panel dapat diterapkan di berbagai sektor industri hingga perumahan, masyarakat Indonesia tentunya bisa jauh lebih hemat biaya dan fokus pada keperluan lainnya. Bahkan, dengan pemakaian solar panel dikatakan tagihan listrik dapat berkurang 50%. 

Secara lengkapnya, berikut ini keuntungan yang akan kamu dapatkan kalau menggunakan solar panel untuk kebutuhan listrik di rumahmu.

1. Energi Gratis dan Hemat Biaya
Matahari menyediakan bahan bakar panas yang berfungsi menyalakan sistem komponen elektronik di rumah. Hanya dengan menampung energi panas di siang hari, kamu bisa menghemat banyak biaya yang digunakan untuk membayar tagihan listrik PLN.
 
Jadi, dengan memanfaatkan energi gratis, sudah pasti kamu bisa menabung atau menggunakan uang tagihan listrik PLN untuk keperluan lain. Bahkan, kamu bisa menghemat hingga 50%.

2. Produksi Energi Ramah Lingkungan
Berbeda dengan listrik tenaga batu bara, energi listrik yang dihasilkan dari solar panel tenaga digerakkan oleh panas matahari yang tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca penyebab pemanasan global. 

Selain itu, tidak menghasilkan asap yang bisa mempengaruhi kebersihan udara dan lapisan ozon. Artinya, dengan menggunakan solar panel, kamu telah berjasa terhadap lingkungan karena turut serta menjaga dan melestarikannya.

3. Insentif Pemerintah
Masyarakat sekarang bisa menjual listrik ke PT PLN (Persero) jika di rumahnya terpasang pembangkit listrik tenaga surya. Program ini diberlakukan oleh pemerintah agar dapat mendukung pengadaan energi listrik menggunakan tenaga surya. 

Tapi, kapasitas panel solar tidak bisa melebihi daya terpasang dari PLN. Misalnya, jika daya listrik PLN terpasang di rumah ‎sebesar 30.000 watt, maka permohonan pemasangan panel surya tidak bisa melebihi daya terpasang tersebut.

4. Mengurangi Ketergantungan
Dengan memasang solar panel, maka secara langsung kamu juga telah mandiri dan tidak bergantung lagi kepada PLN untuk menyuplai kebutuhan listrik harian. Kamu tidak akan repot dengan adanya pemadaman listrik yang menghambat pekerjaanmu. 

Dengan menggunakan solar panel, kamu bisa tetap produktif melakukan pekerjaanmu. Tidak seperti saat mengandalkan listrik dari PLN. Padam listrik, maka padam semuanya termasuk aktivitasmu. 

Hmm.. kira-kira kalian mau beralih ke solar panel nggak nih? Setelah mengetahui keuntungan luar biasa dari solar panel, tentunya sangat disayangkan kalau masyarakat masih enggan memasang solar panel untuk kebutuhan listrik alternatif, ya.

Kamu bisa tetap hemat energi, biaya, dan turut melestarikan lingkungan, bahkan diberi dana insentif dari PLN, lho! Jadi, jangan ragu lagi, temukan supplier solar panel terpercaya di Indotrading.com.

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon