Panduan ClockworkMod Recovery


ClockworkMod, atau yang sering disingkat menjadi CWM adalah suatu custom recovery untuk ponsel dan tablet Android yang dikembangkan oleh Koushik Dutta (Koush), namanya cukup terkenal di kalangan komunitas pengembang Android. ClockworkMod recovery memungkinkan Kamu untuk melakukan beberaparecovery dan restoration lebih lanjut, instalasi dan juga beberapa jenis operasi maintenance pada device Android Kamu yang tidak dapat dilakukan oleh recovery bawaan (stock recovery), dan merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mendapatkan akses root, backup data pada device, menginstalcustom ROM, kernel, theme, bermacam jenis modifikasi dan masih banyak lagi. Namun, untuk sebagian pengguna yang “baru” pada kustomisasi dan hacking Android, beberapa diantaranya cukup membingungkan pengguna. CWM maupun stock recovery dapat diakses pada umumnya dengan cara menekan dan tahan kombinasi tombol tertentu pada saat device dalam keadaan mati.
Recovery pada Android
Setiap device Android, memiliki recovery console dimana pada dasarnya sebuah pembagian memori internal pada device dan dapat melakukan boot. Hampir setiap recovery console pada device Android menyediakan beberapa menu dasar namun berguna yang memungkinkan Kamu untuk mengembalikan pengaturan device Android Kamu ke pengaturan pabrik (factory reset), dan juga untuk memperoleh kembali sistem operasi menggunakan ROM resmi dalam format zip, tetapi hanya itu saja yang dapat Kamu lakukan dengan recoverytersebut. Itu adalah dimana custom recovery akan berguna.
Sebuah custom recovery pada Android pada dasarnya menggantikan stock recovery dengan suatu yang memungkinkan Kamu untuk melakukan semua yang dapat Kamu lakukan dengan stock recovery, dan juga banyaknya pilihan untuk memberikan Kamu kontrol yang lebih lanjut pada device Kamu. Dengan custom recovery, Kamu dapat menginstal ROM resmi maupun yang tidak resmi (custom ROM) serta pembaruan lainnya termasuk apps, theme, kernel, dan lainnya menggunakan file zip, meghapus tidak hanya data pengguna tetapi cukup banyak setiap partition pada device Kamu, me-mount kartu penyimpanan untuk akses USB mass storage tanpa meninggalkan recovery, membagi partition pada SD card Kamu, menghapus Dalvikcache dan battery stats, memperbaiki permissions, melakukan, mengatur, dan mengembalikan kembali backup Kamu dan seterusnya.

Pengenalan ClockworkMod
ClockworkMod recovery atau CWM merupakan salah satu custom recovery Android yang paling banyak digunakan yang ada pada kebanyakan device Android. Ini merupakan pilihan custom recovery dan hampir setiap custom ROM yang saya install menggunakan recovery ini.
Menginstal ClockworkMod
Apa yang membuat ClockworkMod Recovery berbeda dari sebagian besar custom recovery Android lainnya adalah proses instalasi yang sangat sederhana pada hampir setiap device. Ini membutuhkan akses penuh rootpada device Kamu agar dapat diinstal. Menginstal custom recovery semudah menginstal ROM Manager dari Google Play, menjalankan recovery, dan menggunakan opsi “Flash ClockworkMod recovery”.
Namun, dalam kasus tertentu, metode instalasi ROM Manager tidak dapat digunakan. Berikut adalah beberapa kasus yang membutuhkan metode instalasi lain:
  • Device Kamu tidak memiliki versi CWM resmi yang belum dirilis/dibuat, tetapi Kamu menemukan custom built oleh seseorang yang menggunakan source code ClockworkMod recovery.
  • Device Kamu memiliki versi CWM resmi yang sudah dirilis, tetapi ada versi yang belum dirilis atau versi tidak resmi yang ingin Kamu instal atau yang dibutuhkan untuk diinstal sebagai gantinya.
  • Device Kamu memiliki proteksi tambahan yang diaktifkan oleh pabrikan untuk mencegah ROM Manager menginstal recovery secara otomatis, seperti pada beberapa device seperti Sony/Sony Ericsson, seri Samsung Galaxy S, HTC, dan lainnya.
Saya seringkali menemukan kasus tersebut baik dari beberapa diskusi forum maupun pengalaman pengguna. Kamu dapat menggunakan metode-metode berikut yang dapat dilakukan untuk menginstal ClockworkMod recovery.
  • Metode pertama: ROM Manager – ROM Manager adalah cara termudah yang digunakan untuk menginstal ClockworkMod recovery menggunakan file zip. Download ROM Manager dari Google Play, jalankan aplikasi tersebut untuk men-download versi CWM yang resmi dan kompatibel untuk device Kamu (biasanya berupa file update.zip), lakukan reboot ke stock recovery dengan cara menekan kombinasi tombol yang sesuai (kombinasi tombol bisa saja berbeda), setelah itu pilih opsi untuk menginstal update.zip dua kali. Sesudah itu, tidak disarankan untuk menghapus update.zip tersebut karena nantinyarecovery diakses melalui update.zip tersebut. Untuk update.zip juga dapat di-download manual melalui situs tertentu.
  • Metode kedua: (hanya berlaku pada beberapa device): Lakukan flashing kernel yang sudah tertanam CWM. Dengan metode ini, Kamu tidak perlu file update.zip maupun ROM Manager lagi.
  • Metode ketiga: (untuk seri Samsung Galaxy S): Metode ini menggunakan software Odin Flashing Utility, dimana package yang digunakan untuk Odin biasanya berisikan kernel yang sudah tertanam juga dengan CWM.
Melakukan Boot ke Recovery
Setelah CWM terinstal, Kamu hanya tinggal melakukan booting ke recovery. Caranya cukup mudah, jika Kamu menggunakan ROM Manager, Kamu dapat menekan menu “Reboot Into Recovery”.
Jika Kamu telah menginstal ADB (Android Debug Bridge) pada komputer Kamu, Kamu dapat mengaktifkan USB Debugging Mode dengan mudah melalui Settings > Applications > Development, lalu centang pilihan USB Debugging Mode. Sambungkan device Kamu ke komputer melalui USB, jalankan Command Prompt / Terminal (Linux) di komputer Kamu dan masukkan perintah berikut:
adb reboot recovery
Metode diatas adalah cara mengakses recovery dengan menggunakan bantuan ADB, tetapi tidak semua device dapat menggunakan metode ini. Solusi lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan kombinasi tombol tertentu. Saya sempat menyinggung bahwa menu recovery dapat diakses dengan menggunakan tombol kombinasi tertentu. Sebagai contoh, device HTC dapat mengakses menu recovery dengan cara mematikan device terlebih dahulu, dan menhidupkan kembali dengan cara menekan tombol “Volume Down” atau “Volume Up”, bergantung pada devicenya. Ini akan membawa Kamu pada bootloader dimana Kamu dapat memilih menu “RECOVERY” dengan cara menekan tombol volume untuk menggerakkan kursor, dan menekan tombol power untuk memilih opsi recovery yang sudah dipilih tadi. Hampir setiap device Samsung dan spesifiknya seri Galaxy S, Kamu harus tetap menekan tombol “Volume Up” dan “Home” ketika menghidupkan device, untuk langsung masuk ke menu recovery.
Menjelajah Fitur ClockworkMod
ClockworkMod recovery sudah terpasang pada ponsel atau tablet Kamu, mari kita jelajahi lebih lanjut apa saja pilhan yang ditawarkan untuk mengatur device Android Kamu. Berikut adalah CWM versi 3.0.0.5 yang digunakan pada suatu device. Versi terbaru ClockworkMod adalah versi 6.x baik yang versi touch maupun tidak.
Ini adalah tampilan utama ClockworkMod recovery ketika berhasil diinstal:
cwmrecovery_1
Kamu dapat menavigasikan menu pada tampilan utama dengan menggunakan tombol “Volume Up” dan “Volume Down” untuk menggerakkan kursor ketika di menu, dan tombol “Power” untuk memilih/menjalankan menu. Untuk beberapa device yang memiliki trackball maupun optical trackpad seperti HTC Dream, Desire Z, Nexus One, Desire dll., dapat digunakan untuk navigasi maupun melakukan click untuk memilih/menjalankan menu yang telah dipilih. Berikut adalah penjelasan mengenai menu-menu yang terdapat pada tampilan utama, dan juga sub-menu dari setiap menu secara detil.
  1. reboot system now
    Menu ini memiliki fungsi yang cukup jelas dari namanya.
  2. apply update from sdcard
    Ini dapat digunakan untuk instalasi update, ROM, kerneltheme, dll. baik resmi maupun yang tidak resmi berupa file zip yang dapat diinstal pada recovery, selama Kamu tidak menguah update.zip dan sudah ditaruh pada bagian terluar SD card (tidak disimpan didalam folder manapun). Memilih menu untuk instalasi disini mungkin cukup mengganggu karena pada saat akan menginstal Kamu akan melihat pilihan “No” yang banyak. Ini ditujukan agar pengguna tidak salah menekan tombol saat ingin melakukan instalasi tetapi file yang dipilih ternyata tidak sesuai. Inilah tampilan pada menu tersebut
cwmrecovery_2
  1. wipe data/factory reset
    Ini adalah menu untuk menghapus data pengguna pada device seperti halnya cache. Jika memilih menu ini, device Kamu akan dikembalikan ke pengaturan pabrik ketika kali pertama Kamu membeli device tersebut atau ke kondisi awal ROM ketika pertama diinstal. Ini juga akan menghapus segala partisi sd-ext yang sudah di-set oleh pengguna.
  1. wipe cache partition
    Menghapus partisi /cache pada device akan menghapus semua data yang sudah terakumulasi dan over-used. Ini sering digunakan ketika hendak menginstal ROM baru, app, kernel, dan modifikasi sejenisnya viarecovery. cwmrecovery_3
  2. install zip from sdcard
    Menu ini akan memberikan beberapa pilihan sub-menu:
    1. apply /sdcard/update.zip
      Sebenarnya, ini adalah fungsi yang sama dengan “apply update from sdcard” pada menu yang berada di tampilan utama.
    2. choose zip from sdcard
      Menu ini memungkingkan Kamu menginstal file zip berbentuk apapun (dengan nama selain update.zip) dari folder dan sub-folder manapun di SD card Kamu. File dapat berupa ROM, kernel, apps, theme maupun modifikasi apapun selama dalam bentuk recovery-flashable zip. Ini adalah pilihan yang sering digunakan untuk menginstal ROM yang sudah di-download dan disimpan pada SD card Kamu. Masuk ke menu ini akan menampilkan layar dimana Kamu dapat melihat isi SD car Kamu untuk memilih file zip yang akan Kamu install seperti pada screenshot berikut:cwmrecovery_5
    3. toggle signature verification
      Menu ini digunakan untuk mengaktifkan/menonaktifkan signature verification dimana fungsinya adalah untuk memeriksa file zip yang akan Kamu flash sudah diverifikasi terlebih dahulu oleh developernya, biasanya hampir setiap custom ROM tidak diverfikasi. Jika opsi ini dinonaktifkan, proses verifikasi akan dilewat dan langsung dilanjutkan ke instalasi ROM.
    1. toggle script asserts
      Ini adalah opsi yang cukup jarang digunakan untuk oleh kebanyakan pengguna. Saya sendiri pun tidak terlalu mengetahui tentang ini. Ada baiknya opsi ini tidak diubah.
    2. +++++Go Back+++++
      Opsi ini digunakan untuk kembali ke menu sebelumnya. Biasanya, device yang memiliki softkey“back” tidak perlu menggunakan opsi ini untuk kembali ke menu sebelumnya.

  1. backup and restore
Tidak diragukan lagi, salah satu fitur yang paling penting yang disediakan oleh custom recovery adalah fitur “backup and restore” yang biasa disebut Nandroid backup. Ini memungkinkan Kamu untuk melakukan backup secara penuh dari memori internal termasuk semua partisi dan disimpan pada SD card Kamu. Ini adalah tampilan menu “backup and restore”:cwmrecovery_5-1
    1. Backup
      Melakukan Nandroid backup sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.
    2. Restore
      Memungkinkan Kamu untuk mengembalikan hasil backup yang sudah dilakukan sebelumnya. Pada menu ini akan memberikan Kamu daftar backup yang ada di SD card dan Kamu dapat memilih backup yang Kamu ingin kembalikan.
    3. Advanced Restore
      Sama seperti “Restore”. Perbedaannya adalah dimana pengguna dapat memilih bagian mana yang ingin dikembalikan. Kamu dapat memilih untuk mengembalikan bootsystem, data, cache dan partisi sd-ext.:cwmrecovery_6
  1. mounts and storage
    Memungkinkan Kamu untuk melakukan mounting partisi internal maupun eksternal, format partisi internal maupun external (do it with your own risk!) pada device Android kamu.
    1. mount/unmount /system, /data, /cache, /sdcard or /sd-ext
      Opsi ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan mounting maupun unmounting sebagian partisi. Sebagian pengguna biasanya tidak perlu mengubah opsi tersebut.
    2. format boot, system, data, cache, sdcard or sd-ext
      Ini memungkinkan kamu untuk melakukan format langsung pada setiap partisi. Berhati-hatilah saat hendak melakukan format dari partisi-partisi tersebut, karena ini akan menghapus semua data partisi tersebut. Terutama menghapus partisi /boot dan /system. Melakukan format pada /system akan menghapus ROM dan device tidak memiliki sistem operasi, sedangkan format pada /boot akan mengakibatkan brick terkecuali jika kamu melakukan restore atau flash boot  yang lain sebelum me-reboot device. Untuk mengenal lebih lanjut tentang partisi-partisi tadi, kamu bisa baca lebih lanjut tentang partisi Android.
    3. mount USB storage
      Memungkinkan kamu untuk mengaktifkan mode USB Mass Storage untuk SD card via recoverysehingga kamu dapat menghubungkannya ke computer via USB dan melakukan file transfer ke/dari device tanpa perlu meninggalkan menu recovery.
  2. advanced
    Sub-menu ini berisi beberapa opsi yang mungkin tidak banyak pengguna butuhkan meskipun sering cukup berguna, terutama “Wipe Dalvik Cache” yang biasa digunakan setiap kali menginstal ROM, dan juga “Wipe Battery Stats” untuk kebutuhan kalibrasi baterai. Berikut adalah tampilan sub-menu advanced:
    1. Reboot Recovery
      Memungkinkan kamu untuk melakukan reboot kembali ke recovery mode. Ini cukup berguna jika melakukan instalasi yang bersifat back-to-back yang membutuhkan sekali boot diantara keduanya.
    2. Wipe Dalvik Cache
      Memungkinkan kamu untuk menghapus Dalvik cache (sejenis virtual machine Java pada Android). Ini dibutuhkan untuk beberapa instalasi ROM maupun modifikasi lainnya untuk memperbaiki suatu masalah yang terjadi pada system.
    1. Wipe Battery Stats
      Menghapus statistic pemakaian baterai dan mengkalibrasi ulang baterai secara efektif. Ini berguna ketika Android tidak dapat menunjukkan status/persentase baterai dengan baik.
    2. Report Error
      Ketika CWM bermasalah, fitur ini dapat digunakan untuk membuat sebuah log yang berisi operasi terakhir penggunaan CWM dan disimpan di SD card yang nantinya dapat dilaporkan menggunakan ROM Manager.
    3. Key Test
      Memungkinkan kamu untuk melakukan tes berfungsinya tombol hardware atau tidak dan juga melihat kode dari setiap tombol.
    4. Partition SD Card
      Opsi ini memberikan kamu cara yang mudah tanpa embel-embel apapun untuk mempartisi SD card untuk digunakan oleh ROM yang mendukung data2ext, suatu hack yang sangat berguna untuk beberapa device yang memiliki memori internal yang kecil, berfungsi untuk mengaktifkan partisi /sd-ext di SD card untuk digunakan sebagai data pengguna dari setiap aplikasi, sama halnya pada partisi /data, hanya saja dipindahkan ke SD card. Ketika memilih opsi ini, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih ukuran partisi /sd-ext dan /swap yang akan otomatis diformat sesuai ukuran yang dipilih. Opsi ini akan menghapus semua data dari SD card. Berhati-hatilah ketika menggunakan opsi ini!
    5. Fix Permissions
      Memperbaiki permissions pada partisi memori internal kembali ke semula. Ini sangat berguna untuk memperbaiki beberapa error dan masalah force-close yang muncul kali pertama setelah menginstal aplikasi dan akses root yang sudah ada bermasalah dengan permission dari suaut file penting di partisi memori internal.
Nah, itulah ClockworkMod recovery atau CWM. Semoga guide ini bermanfaat bagi pengguna Android yang ingin mulai mengkustomisasi devicenya lebih lanjut. Do it with your own risk!
Previous
Next Post »

146 komentar

Tulis komentar
10/4/14 11:34 delete

kalo cara mengembalikan sd card yang sudah dipartisi di cwm. gmn gan ?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
10/4/14 11:49 delete

format sdcardnya lewat PC

Reply
avatar
jUstIn
AUTHOR
22/4/14 00:16 delete

gan,,saya punya zte nubia z5s NX503A ,,gimana caranya mount storage via recovery,,soalnya bahasa china..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
22/4/14 00:20 delete

udah ada CWMnya belum ?

Reply
avatar
jUstIn
AUTHOR
22/4/14 00:30 delete

saya coba installkan miui cwm..!! dan saya juga bingung,,soalnya bahasa china,,!! dan hh ini nggk pakai memory external

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
22/4/14 00:31 delete

install cwm yg biasa aja gan, susah juga kalo pake bhs china. -_-

Reply
avatar
jUstIn
AUTHOR
22/4/14 00:37 delete

hehe..itu jg masalahnya gan,,ketika restart,,touch screen nya sama skali nggk berfungsi. punya aplikasi flashing nggk gan ? ato gmna caranya install cwm jika kondisinya sudah seperti itu ?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
22/4/14 00:44 delete

kalo di xperia sih bisa aja, tinggal mau diflash pake flashtool atau flash langsung CWMnya dr fatboot. tapi kalo jenis HH ente ane kurang tau juga, pakenya apa. coba browsing aja dulu sesuai HHnya.

klo di XPERIA bisa pake ini untuk CWM
Tutorial Install CWM di XPERIA E / E Dual
klo flashing, pake flashtool. seperti ini
Upgrade Android Ice Cream Sandwich ke Jelly Bean

Reply
avatar
jUstIn
AUTHOR
22/4/14 00:47 delete

ok,,saya coba nyari2 dulu..!! tp kalau ada jalan,,tolong bantu ya..thanks

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26/4/14 23:22 delete

gan numpang tanya, ane bru pasang CWM klo andaikan ane install custom rom jd samsung galaxy s4 misalnya, trus pd suatu ketika pgen tak kembaliin ky semula setelan pabrik jd sony xperia caranya gmn?
apa cukup pilih yg wipe data atau gmn???

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
27/4/14 01:10 delete

flash ulang ke firmware xperia.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27/4/14 13:41 delete

bagi link downloadnya gan...

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
27/4/14 19:27 delete

maksudnya download apa ini ?
CWM ato apa..
ini komentar di artikel CWM.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29/4/14 19:44 delete

aku barusan upgrade ke jelly bean 4.3.1, tapi mau balik lagi ke jelly bean 4.1.2, itu tinggal di restore aja di recovery mode, atau ada firmwarenya yang harus di download lagi? sebelumnya sudah di backup. Mohon bantuannya. thanks :)

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
29/4/14 22:33 delete

langsung restore di recovery aja bisa kok, kalo emang sebelumnya udah punya backup.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30/4/14 10:04 delete

okay, thanks gan. Ini udah di upgrade ke kitkat aja. hehe :)

Reply
avatar
Sora
AUTHOR
3/5/14 20:06 delete

cara keluar dari CWM recorvery v6.0.2.7 gimana gan?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
3/5/14 20:09 delete

pilih aja reboot di menunya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/5/14 20:58 delete

Mas kalau setelah instal custom rom tp hp nya rebot mulu ga bisa bisa terus mau di balikin ke cwm udh ga bisa lagi. Gimana ya mas cara ke cwm nya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
8/5/14 02:54 delete

Hapenya apa sist? itu namanya bootloop.
pm aja klo masih tetep gak bisa. ntar ane bantuin.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/5/14 11:52 delete

gan, saya punya cwm, saat saya tekan "reboot system now" saya malah kembali lagi ke recovery mode :(, cara keluarnya gimana nih... ? :'(
tolong balaz ya :(

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/5/14 11:58 delete

@haniv : nggak bisa keluar malah masuk lagi di cwm

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
8/5/14 13:58 delete

emang sebelumnya abis ngapain ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/5/14 16:23 delete

pertamanya saya buka Xposed Installer, setelah itu sy pilih instal/update di frameworknya, masuk deh di cwm, setelah itu saya pilih reboot, disitulah saya malah masuk kembali terus menerus di cwm itu :(
caranya gimana ya bang ?
mohon penjelasannya :)

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
9/5/14 03:20 delete

coba clear cache dulu, trus reboot.

atau sebelumnya udah punya backup ga? kalo ada. restore aja ke backupan.
kalo ga ada, mending flash ulang aja.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14/5/14 03:30 delete

Gan,sy pnya masalah hmpir sama dgn agan@hendra.waktu masuk cwm melalui quickboot,ketika reboot malah masuk lg ke cwm reco lg.solusinya gmn ya gan?tlng di blas yo.dah pusing banget.ni pin bb saya 747f1e10

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/5/14 03:31 delete

coba install lagi CWMnya. / re-install CWM.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14/5/14 18:55 delete

Cara re-instal cwm gimana,gan?apa cwm yg pertama di instal ulang.....

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/5/14 02:25 delete

iya, mksudnya diinstall ulang CWM nya.
diinstall lagi CWMnya. HHnya apa sih emang ?

Reply
avatar
Dbastrad
AUTHOR
18/5/14 03:50 delete

Klo...wipe chace + wipe dalaik tu beda y gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
19/5/14 08:11 delete

BEDA, Cache itu log aktivitas aplikasi yang dijalankan. nah kalo Dalvik Cache itu temporary space (ruang kosong sementara) yang dipakai oleh Java Virtual Machine untuk menjalankan aplikasi Android.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21/5/14 06:26 delete

Kak caranya ngembaliin data yang udah terbackup dari sd card kembali ke internal gimana ya?, karena saya nyobak recover malah rom saya yang balik normal datanya masih di sdcard

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
21/5/14 07:59 delete

saya tanya dulu, kemarinyg dibackup datanya apa rom nya ?
kalo backup data, ya restore data.
kalo backup rom, ya restore rom.

ente backup pake apa emang ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21/5/14 10:56 delete

Cwm, maksudnya biar data yang sudah di backup di sdcard kembali ketempat asalnya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
21/5/14 11:28 delete

kalo backup CWM itu backup systemnya.
kalo mau backup data, itu backup aja manual, copy datanya ke tempat lain. misal harddisk atau media penyimpanan lain nya. nah pas mau restore tinggal balikin lagi datanya. ke tempat yang dimaksud.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31/5/14 06:08 delete

Maaf gan mau tanya,,, punya saya tablet dvan t1j. Saya sudah download cwm nya, tapi ketika masuk mode rcovery tertulis tidak ada perintah ,tidak ada opsi advanced ,saya cari di aplyaply update from sdcard cwm nya tidak ada pdahal sdah saya ekstrak jadi recovery.img di sdcard,,l
Saya mau mempartisi sdcard saya,,,mohon bantuan nya gan,,nthx

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
31/5/14 18:34 delete

download CWM sesuai HH ente gan ..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31/5/14 22:42 delete

T1j recovery.img maksudnya,,

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
2/6/14 08:13 delete

Install CWM aja,, klo yg itu cuma recovery bawaan nya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/6/14 17:02 delete

maaf gan mau tanya, cwm untuk ideatab A1000G lenovo saya cari kok gk ada ya gan.
mohon bantuannya kalau ada link downloadnya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
4/6/14 08:05 delete

Download drivernya dulu --> https://www.dropbox.com/s/r0uvxesj7zr5eoz/MTK65xx_Driver.zip
Download CWM --> https://www.dropbox.com/sh/nmo775e3bbdash8/SoMkddZ13X

install drivernya biar tu hh konek ke pc extract ke folder c:/ flashtool dan twrp kalo di hh a1000g download twrp yg a1000t buka flashtool matikan tablet jangan dulu di colokkan ke pc pilih open loading scatter. pilih MT6577_Android_scatter_emmc.txt di folder twrp a1000t pastikan yg tercentang di pc cuma recovery aja ya kemudian klik download sambungkan tablet nya dalam keadaan mati ya kemudian secara otomatis biasanya loading berjalan sampai kluar lingkaran hijau brati penginstallan twrp berhasil.. kalo loading ga berjalan langsung cabut tabnya selama 5detik lalu pasangkan lagi kabel usb nya,, jika proses selesai setelah ada lingkaran hijau silahkan cabut tab nya.. hidupkan tabnya dengan menekan tombol power dan volume + sampe kluar cwm twrp

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/6/14 11:29 delete

slam kenl gan, saya mau tanya saya punya advan t1h , jika terformat cwm nya gmana cara pasang kembali, tab nya tidak mau nyala. padam total. mohon pencerahannya.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
7/6/14 15:43 delete

batere nya coba diisi dulu.. mungkin baterenya abis.. klo diisi tetep gak bisa nyala coba bawa ke service centernya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/6/14 07:04 delete

kalo instal cwm xperia e lewat rom manager caranya gimana gan, tolong ya.? makasi

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/6/14 07:46 delete

lebih enak lewat fatsbooot bro..
klo rom manager ane belom pernah coba
Tutorial Install CWM di XPERIA E / E Dual

Reply
avatar
gilang's area
AUTHOR
21/6/14 21:47 delete

kalo keluar dr key testnya gmn? hape ane nexus 5 gan. makasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
23/6/14 16:27 delete

maksudnya gimana bro ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/7/14 02:14 delete

Gan hh ane samsubg galyoung gts5360 mau tanya nih kok di cwm ane ga bisa mount chache/data. Itu kenapa ya?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
7/7/14 08:13 delete

cwm ato recovery bawaan ?
ada pesan errorny gak..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/7/14 00:46 delete

apa tidak ada cara lain....selain bawa ke service center

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
11/7/14 01:21 delete

masalahnya apa bro ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14/7/14 11:43 delete

Permisi gan, ijin bertanya,

Saya udah coba instal CWM V6 ke atas , ( Upgrade dari CWM V5 ke CWM V6xx), lewat Oddin malah Bootlop, lewat ATE masih tetap gak bisa,, tetap yang muncul CWM V5, HH ane Samsung galaxy Star Duos , itu solusinya gimana ya gan ? biar saya bisa instal CWM V6 tersebut, soalnya saya hendak Instal ROM JellyKat, konon katanya Syarat instal Stock ROM tersebut harus CWM V6, apa agan punya solusinya? baik solusi untuk instal CWM V6 maupun Instal ROM JellyKat tersebut.
Terimakasih.


Regards,
M. Isep Ismail
m.isep.ismail@gmail.com

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/7/14 16:44 delete

berhubung ane gak punya HH nya, nih ane kasi referensinya yg bisa dicoba.
https://www.google.co.id/search?q=cwm+v6+galaxy+star+duos

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2474165

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/7/14 08:52 delete

kalau install CMW perlu unlock dulu gak?? HH gw XM2

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/7/14 13:56 delete

sebagian besar HH XPERIA mengaharuskan unlock boootloader.
lebih baik diunlock, biar lebih bebas.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/8/14 22:20 delete

Saya mau nanyak
Saya udh instal cwm tab 2 p3100 versi 6.0.4.5
Tp kenqpa tidak ada pilihan advanced ny?
Apa harus d root terlebih dahulu?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
5/8/14 09:38 delete

tergantung CWMnya itu bro

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5/9/14 14:39 delete

gan help please

cwm udah on,,.
cuma pas backup kok nyimpaanya di internal??
1,5gb di internal nggak cukup bwat back up..
eksternal masi ada 3,5 gb cma gx bisa ngebackup disono...
gmana caranya supaya back up nya trlaksana???
ty gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
6/9/14 08:47 delete

Di CWM kan ada pilihannya, backup to external sdcard. -_-

Reply
avatar
7/9/14 19:38 delete

gan mau nanya, xperia miro ane uda baru di instal cwm, waktu di reboot trus di tekan vol (-) berkali-kali,, doi gak masuk tampilan cwm, tp ke mode aman aja,, kasusnya hh ane uda dipasang swap dlu,, uda ane coba freeze swap nya trus reboot lg, ttp g bisa masuk ke tampilan cwm gan,, mohon solusinya ya gan.. please

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
7/9/14 19:59 delete

coba install lagi cwmnya.. jangan lupa sesuaiin CWM nya sama versi firmware xperia miro nya

Reply
avatar
7/9/14 20:09 delete

cwm nya miro punya kok gan, uda ane ulang lagi juga instalnya, hasilnya ttp ga masuk ke tampilan cwm tp malah ke mode aman lg,, gimana nih gan? help pliss.. :|

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
7/9/14 20:14 delete

salah pencet kali,
pas muncul tulisan sony, pencet vol (-) berkali-kali.

atau, ente cari mod reboot nya aja, yg ada reboot recovery, jadi pas masuk gak usah pencet2 lagi, tinggal reboot recovery, kaya Postingan ane disini :
Reboot Option di XPERIA E Dual

disitu pas dipencet reboot, ada piilhan reboot ke recovery (CWM).

kalo ini tutorial cara buatnya http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2449007

Reply
avatar
7/9/14 20:19 delete

ok deh gan, kayaknya ide yg itu lebih baik,, syukron atas solusinya ya gan,, :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14/9/14 02:42 delete

Coba pakai cara ini gan...

http://evercoss-a88.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-cwm-via-mtk-droid-toll.html

Reply
avatar
alier
AUTHOR
23/9/14 00:56 delete

gan mw nanya nih....
kenapa tab 3.8 ane ngak bisa instal cwm ya...padahal sdh flashing lewat odin gan....trus tertulis direcovery "tidak ada perintah" mohon petunjuknya gan...
makasih sebelumnya....

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
23/9/14 12:44 delete

coba screenshot error / pas gak bisanya.

Reply
avatar
musicqu
AUTHOR
5/10/14 09:49 delete

gan klo pas mau wipe cache ada tulisan can't open cache recovery log . itu kenapa gan ???

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
6/10/14 10:57 delete

CWM nya gak bisa buka file log cache,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13/10/14 15:16 delete

Ass wr wb...
Min sya pake HP Samsung galaxy star GT 5282 recovery bawaan tapi udah di root
masuk ke menu recovery ( belum Recovery CWM )kalau nginstal file zip tulisannya warnah merah terus ERoor ....
kalau nginstal cwm recovery mnggunakan ROM manager tipe hpnya gak ada cuma
-CWM 2x
-Cwm 3x

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/10/14 08:22 delete

install manual aja, jangan dari rom manager
install cwm Samsung galaxy star
download CWM : http://www.mediafire.com/download/3xanoc67cw8te93/cwm_mint.zip

1) taruh cwm_mint.zip di sdcard
2) Reboot ke Recovery bawaan
3) pilih menu install zip
4) pilih cwm_mint.zip dan pilih yes
5) lalu pilih menu advanced dan pilih Reboot Recovery


Reply
avatar
em
AUTHOR
26/10/14 18:20 delete

Tolong nih, ane masih bingung
1. Apa sih beda ROM ama Firmware?
2. Trus kalo di flash dengan ROM lain (bukan official) apakah apps lama akan dihapus dulu lalu di ganti dengan yang ada di ROM baru?
Atau
Apps lama masih ada, hanya yg sama akan di timpa (replace), dan yg ga ada akan ditambah dgn yg ada di ROM baru?

Thank you bro

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27/10/14 16:04 delete

Gan cwm ane kok gak bisa reset data yah? Soal nya ane mau upgrad

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
29/10/14 08:17 delete

1. Silakan baca penjelasannya disini Tentang Firmware, ROM, Dan Kernel di Android

2. yg namanya flashing, entah mau firmware official/non official. apps akan diganti dg apps yg ada di rom baru.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
29/10/14 08:18 delete

pake menu wipe data.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22/11/14 11:28 delete

nanya gan.. barusan ane mau masuk ke cwm pke quikboot, tp brenti di logo.. abis gitu hh ane gk bisa di apa2in lg cuma bisa sampe disitu.. pencerahan dong gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
24/11/14 09:32 delete

HHnya apa itu?
coba install cwmnya manual aja lewat fastboot.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30/11/14 19:07 delete

Bang mau nanya nih, saya pake lenovo S920. Instal cwm udah, nyoba twrp juga udah.. Tapi kenapa setiap boot into recovery malah masuk ke yang recovery bawaannya mulu ya bang? Solusinya gimana bang, help plis. Oia, udah gitu instal manual juga udah lewat recvry bawaan, instal zip, tapi bacaannya malah aborted. Help plis..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
1/12/14 02:46 delete

brarti cwm/twrp nya belom keinstall.
coba ulang lagi install cwmnya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/12/14 08:15 delete

gan mau nanya
kenapa saat mau instal cm11 kitkat di gayoung 2 ada bacaan e:can't mount /sdcard/
cm11 kalo disimpen dimemory eksternal terus instal zip malah bootlop terus gan
mohon pencerahannya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
2/12/14 10:26 delete

mount sdcard nya dulu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/12/14 22:44 delete

cara nya gimana gan ?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
3/12/14 10:39 delete

di CWMnya kan ada menu untuk mount

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/12/14 21:28 delete

knp menu recovery tdk ada pilihan advance gan?? mohon bantuannya
hp andromax u

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/12/14 22:26 delete

kasus sama gan gk bisa kluar dari cwm gmana solusinya gan..??

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
13/12/14 20:00 delete

itu berarti recovery bawaan andromax u, itu bukan clockworkmod
coba install clockworkmod nya dulu.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/12/14 23:08 delete

Gan, mohon bantuannya...
HP saya Samsung galaxy grand 2 dan sudah di root. Dulu pernah coba ke recovery bawaan & berhasil. Setalah itu saya install CWM via odin 3.07. Tapi setelah dicoba masuk ke CWM, justru muncul menu download/do not turn of the target (seperti mau install via odin) & bukan menu CWM. Saya sudah berulangkali melakukan install CWM, tp hasilnya ttp sama.
Mohon saran & bantuannya gan...
Terima kasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
16/12/14 10:14 delete

Pastikan versi CWM nya sesuai dg versi HPnya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16/12/14 10:53 delete

Terima kasih gan...
Akan saya coba untuk install lagi dengan CWM yang sesuai dengan versi HP saya...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/3/15 06:18 delete

Ane ga ada pilihan eksternal ,, knpa ya itu gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
7/3/15 07:53 delete

cari di advanced backup/restore

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/3/15 13:06 delete

Ane mke asus gan ,, nah itu ane mke cwm philz 6, ane ga ada pilihan backup to eksternal d cwm'e ,,,itu knpa ya gan,,

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
9/3/15 08:16 delete

kalo backup to sdcard ada ?

Reply
avatar
dian
AUTHOR
26/4/15 10:08 delete

gan klo udah direboot tpi masih aja di recovery cwm gmn?? galyoung s6310

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
28/4/15 01:39 delete

flash ulang gyoung nya pake odin

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16/5/15 15:14 delete

Gan mohon bantuannya dong .. sdh 2 bulan ni nyari cam untuk root tab 3 v tp gak ketemu2 .. sdh prestasi nyarinya . Bantuan dong

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16/5/15 15:17 delete

Gan konfirm dong bbm gua

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
18/5/15 14:52 delete

sudah dijawab di bbm ya..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/6/15 18:00 delete

gan tolong minta pencerahan tentang samsung s 4 mini
Saya sudah di root trus instal rom cm12 berhasil
Tapi sistem root y hilang
Trus saya root balik.

Tapi setelah di root balik knapa saat masuk ke sistem recovery tampilan rom manager y tidak ada
Trus menu y pun ganti tida ada instal zip from sd card y yang ada malah sistem ADB itu apa yah dan bagaimana untuk menginstal zip from sd card y gan.

Terimaksih itu saja mohon pencerahan y yah gan.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
9/6/15 12:21 delete

coba install CWM recovery lagi, install via fastboot/ via odin

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/6/15 14:46 delete

Ada ga yg instal cwm y yg ga usah pake pc ato odin
Soal y saya ga punya pc ato computer

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
10/6/15 15:00 delete

ga bisa gan, minimal ya pake recovery itu sendiri. buat install recovery lain. nah, kalo recoverynya aja gak ada, mau gak mau mesti install lewat PC/Laptop

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/6/15 15:15 delete

Ok terimakasih gan aku suga dngan blog ini
Sellalu respon ga kaya yg lain

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
17/6/15 23:29 delete

permisi gam, mohon pencerahan. ceritanya hp ane bootlop. terus ane flash ulang menggunakan sp flashtools. karena hp saya tidak ada penyedia firmwarenya(udah ngubek" google) jadi saya coba flas dengan stock rom hp lain. gagal.. cuma ada suara. tapi gak keluar gambar, layarnya cuma garis" gak jelas. ahirnya saya dapat stock rom asli hasil beli di forum vietnam. ane flash, hp ane hidup, logo keliatab, tapi cuma nyampe logo aja. terus ane coba masuk recovery , waktu ane coba swipe data ke factory reset, malah muncul pesan "mount/data error". mohon pencerahanya suhu..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
19/6/15 16:09 delete

HHnya apa ? merk apa?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23/8/15 01:01 delete

mohon pencerahannya, hp sy andromax g. secara sengaja sy format system dan boot di menu advance. sy kira seperti format micro sd. alhasil hp sy mati total. mohon pencerahannya.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
24/8/15 07:59 delete

Persyaratan:
1. Anda harus punya stock rom hasil backup raw copy (low level whole disk backup)
2. Hape Andromax G harus minimal bisa bergetar, jika tidak coba cek baterenya dulu, charger dulu baterenya pake charger desktop
3. Komputer dengan sistem operasi Linux yang terinstall adb dan fastboot
4. Sabar, karena proses unbrick bisa makan waktu

Langkah-langkah unbricknya:
1. Lepaskan batere, simcard, sd card dari Andromax G
2. Hidupkan komputer linux anda
3. Tempatkan file backupan stock rom di home folder
4. Masukan kembali batere
5. Hubungkan hape ke komputer
6. Setelah terkoneksi hape akan bergetar dan Linux akan mendeteksi beberapa partisi dan bisa dimount di file manager
7. Jalankan terminal ketik:
sudo fdisk -l | grep 3909091328

akan muncul

disk /dev/xxx: 3909 mb, 3909091328 bytes
xxx: akan terisi seperti sdb, sdc, sdd dst

8. Install paket dependensi yang dibutuhkan
sudo apt-get update && sudo apt-get -y install pv

9. Lakukan umount
sudo umount /dev/xxx

10. Langkah restore backup stock rom
sudo pv -tpreb ~/mmcblk0.img | sudo dd of=/dev/xxx

Tunggu prosesnya sampai selesai, bisa satu jam an
3.64GB 0:56:02 [1.11MB/s] [========================================>] 100%
7634944+0 records in
7634944+0 records out
3909091328 bytes (3.9 gb) copied, 3367.93 s, 1.2 mb/s

11. Setelah selesai silahkan cabut kabel usbnya, keluakan batere untuk beberapa detik, lalu pasangkan kembali batere, sdcard, simcard

12. Hidupkan hapenya dengan menekan tombol power + volume up supaya bisa masuk mode recovery

13. Lakukan wipe data, wipe cache partition dan wipe dalvik cache.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/9/15 16:20 delete

Ga ada cara lain gan selain di format, soalnya sayang data" nya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
4/9/15 16:35 delete

coba di copy dulu data2nya. baru diformat, kalo udah diformat datanya bisa dibalikin lagi

Reply
avatar
NekoPoi
AUTHOR
28/9/15 09:44 delete

mohon pencerahannya gan
hp ane samsung galaxy trend plus gt s7580

ceritanya gini pas ane mau upgrade os cayanogen 11 malah eror status 7
nah terus ane nyerah ampe situ
lalu mau restor tapi gak bisa tulisan yg keluar
can't mount /system
can't mount /data
ane pake cmw-based recovery v6.0.3

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
28/9/15 14:27 delete

coba Flash firmware ori pake odin

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17/10/15 11:48 delete

Gan.mohon bantuannya
Hpe bootloop terus ini, merk wearnes zeusphone zp-531

Sdh wipe data factory reset, coba di reboot tetep balik bootloop lf
Solusinya gmn ya gan ? Apa harus instal ulang flash firmware nya ?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
18/10/15 09:06 delete

coba flash ulang firmwarenya

Reply
avatar
The Albant
AUTHOR
20/10/15 17:50 delete

gan tab ane advan t3b terperangkap di key test pada cwm, gmn cara keluarnya? mau cabut bater..batrenyakan taneman gan.. abis itu back chasingnya susah di buka lagi. mohoh petuah saktinya gan.. hatur nuhun

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
21/10/15 08:33 delete

tahan tombol power yang lama, sampe device off

Reply
avatar
dhi
AUTHOR
26/10/15 11:48 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
dhi
AUTHOR
26/10/15 11:51 delete

Mohon bantuannya..
gan kalo cara keluar dari cwm gmna gan?
saya habis root dan install cwm, pas sudah selesai semua..
terus saya reboot system now,malah balik lagi ke cwmnya..
HH saya andromax c2..
thanks..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
26/10/15 15:04 delete

coba di matiin HHnya, trus nyalain lagi..

Reply
avatar
watasi
AUTHOR
15/11/15 15:54 delete

gan hp saya samsung galaxy y kan sudah saya instal CWM ,dan saat masuk recovery mode ,jelas tampilannya CWM , saya ingin tampilan CWM ini hilang seperti semula sebelum saya instal SWM , caranya keluar dari CWM gmn ?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
17/11/15 09:49 delete

emang kenapa dengan CWMnya ? kok mau dihapus ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30/11/15 12:34 delete

Misi gan..hh ane galyoung 2..bootloop udh di odin beberapa kali tapi tetap aja bootloop mohon pencerahannya gan?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
2/12/15 01:58 delete

install recovery kaya CWM/TWRP. trus flash ROMnya dari CWM/TWRP. bisa flash pake STOCK ROM/CUSTOM ROM. cobain aja mana yg bisa.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16/12/15 08:25 delete

gan hp saya samsung galaxy ace 3 , wktu mau di recovery malah error muncul tulisan merah banyak bngt, matot lh, mhon pencerahan dan bantuannya gan. mksihh

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
16/12/15 14:44 delete

Tulisan merahnya apa gan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20/12/15 10:36 delete

failed to mount /system (no such file or directory) seperti itu gan... mohon dibantu gan...

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
21/12/15 08:58 delete

coba diinstall lagi CWMnya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20/1/16 21:14 delete

Bos recovery ga. Ada ADVANCE nya solusinya gmn bos.. HH andromax U

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
21/1/16 09:18 delete

INstall custom recovery gan, CWM/TWRP.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17/2/16 17:49 delete

Gan ,,help...
hp saya samsung galaksi star pro GT S7262
di cwm format/systemnya kehapus
alhasil pas dinyalain cuma ada gambar logo aja..
minta sarannya gan..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
19/2/16 13:30 delete

flash firmware lagi aja gan..
bisa dr CWM atau dari odin buat ngeflash nya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30/4/16 14:09 delete

gan ni gimana ya hp saya,waktu aku mau upgrade ke jelly bean rom tiba tiba macet di logo samsung galaxy yong gt s5360
terus masuk ke recovery juga nggak bisa
bagaimana cara memperbaikinya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
30/4/16 20:01 delete

flash ulang aja pake odin gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/8/16 04:06 delete

gan mohon bantuan nya hp sy glaxy note 1 n7000..sudah saya root dan instal cwm philz touch soalnya mau ubah os ke lolipop menggunakan cyanogen dan berhasil..setelah itu saya cek banyak yang eror seperti camera signal gk ada dsb.dan juga cwm philz touch yg sy pake itu berubah jadi cyanogen recovery. niat banyak yg eror di android lolipop sy mau turunin lagi ke kitkat tapi malah eror terus. instal cwm philz lgi gk bisa. langsung instal rom ke kitkat jg gk bisa..

mohon pencerahan nya gan...??

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
3/8/16 09:10 delete

itu mungkin bugs di ROMnya, sebelum install rom dilihat dulu fitur2nya, apa aja bugsnya. Kalo samsung coba flash ulang pake odin. dengan firmware original samsungnya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/9/16 16:19 delete

Permisi mas... Saya lagi nyari cwm buat advan i5. Tpi kok gk ada yh ,,saya mohon bantuannya kak.. Tolong cariin.. Ni email saya hub. Haikalaizhart@gmail.com

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/9/16 23:06 delete

Gan punya Tutorial cwm/twrp buat oppo mirror 3? Susah amat nyarinya, kalo ada send via email ya gan. Makasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
18/9/16 17:24 delete

mungkin bisa dicoba, ini untuk advan Install cwm di advan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/12/16 07:11 delete

gan punya tutorial buat instal cwm/ twrp buat acer liquid z220? nyari gak ketemu ketemu, cwm yg sesuai HH nya juga gak ada
mohon solusinya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16/12/16 01:15 delete

Permisi gan mau tanya nih saya punya hp samsung galaxy young nah saya install cwm tuh nah saya malah stuck di cwm mulu pencerahannya gan yang penting tuh hp bisa ke menu homescreen arigatou..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
20/12/16 10:55 delete

mungkin versi cwm nya gak kompatibel sama firmware nya. coba install cmw versi yg lain.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14/2/17 21:48 delete

tolong bantuannya gan .. ,, hp saya bootlop tapi tidak bisa masuk recovery, cara mengatasinya gimana ya gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
16/2/17 00:44 delete

Merk & Tipe Hapenya apa gan?

Reply
avatar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon