Review Mobil Sedan Corolla

Mobil Sedan Corolla, Corolla sedan terbaik, mobil sedan Toyota, mobil sedan
Mobil sedan corolla yang elegan beserta mesin yang handal membuat Corolla menjadi sedan terbaik diantara mobil sedan Toyota lainnya. Selain menjadi mobil sedan terlaris, mobil ini juga menjadi salah satu nominasi mobil ramah lingkungan yang mendapatkan penghargaan oleh salah satu majalah otomotif internasional. Ingin tahu lebih jauh lagi tentang mobil ini? Simak terus ulasannya berikut ini.



Tak seperti biasanya yang membahas tentang dunia IT, Kali ini hanivinside.NET akan membahas tentang Mobil Sedan Corolla.Yaitu sebuah produk otomotif lebih tepatnya mobil buatan Toyota. Ya, siapa yang tak kenal dengan merk yang satu ini. Namanya sudah besar di dunia otomotif dunia. Toyota yang selalu mengeluarkan ide-ide terbaiknya sejak muncul dipasaran asia, salah satunya Indonesia. Untuk lebih mengenal lebih dalam tentang produk ini, Saya akan mulai dengan melihat sejenak tentang Sejarah dari Toyota.

The Philosophy of a Corolla by Fumio Agetsuma :Corolla has an illustrious tradition. Now, let us build our new Corolla on that tradition, the kind of new Corolla we know the drivers of the world will expect.

Sejarah Toyota

Corolla sedan terbaik
Toyota Motor Corporation (TMC) atau yang sering dikenal dengan Toyota adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937 sehingga menjadi Toyota Motor Corporation sampai saat ini. Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Pabrikan terbesar di Jepang ini menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya. Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga mebuat robot. TMC merupakan anggota dari Grup Toyota dan memproduksi mobil dengan merek Toyota Lexus dan Scion, memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu dan Hino,dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.


mobil sedan Toyota
Setelah membahas sejarah tentang Toyota, Sekarang mari kita bahas tentang mobilnya. Banyak jenis produk mobil yang dikeluarkan oleh Toyota, namun disini saya akan lebih fokus ke jenis Mobil Sedan CorollaMobil sedan Toyota yang bernama Corolla ini diproduksi sejak tahun 1996, merupakan Corolla sedan terbaik dan menjadi mobil terlaris di indonesia, bahkan dunia sampai sekarang. Corolla tidak hanya dibuat di Jepang, tetapi juga di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Turki, dan negara lainnya.

The Philosophy of a Corolla by Fumio Agetsuma :Quiet cars will have a definite edge. Conservation of both resources and fuel will be very important. Economy and value will also carry considerable weight.

Mengapa Bernama Corolla?

Ada apa dibalik sebuah nama Corolla. Pasti disetiap nama tersimpan sebuah makna, walau tak jarang pula yang beranggapan Apalah arti sebuah nama. Saya pun tertarik untuk mencari tahu makna dari Corolla, dan mengapa Toyota menggunakan nama ini sebagai nama mobilnya. Setelah saya cari tahu, ternyata nama Corolla diambil dari bahasa latin yang artinya mahkota kecil. Menandakan, Corolla merupakan varian sedan terendah dari sedan buatan Toyota lainnya seperti Toyota Crown dan Toyota Corona yang sekarang berganti nama menjadi Camry. Mobil Sedan Corolla telah diproduksi selama 40 tahun dan selama itu, sudah 35 juta unit lebih terjual diseluruh penjuru dunia. Corolla selain menjadi basis bagi dirinya sendiri, juga menjadi basis dari berbagai macam mobil produksi Toyota lainnya, bahkan pabrikan lain seperti Daihatsu, Pontiac dan Holden juga menggunakannya sebagai basis model mereka.

Menurut yang saya baca di Wikipedia Toyota membuat mobil sedan corolla dalam 10 generasi, mulai dari generasi pertama di tahun 1966 sampai generasi ke sepuluh atau yang sampai saat ini dikenal. Saya akan menyebutkan sepuluh generasi tersebut dibawah ini :

Generasi Pertama (1966-1970)
Generasi Pertama (1966-1970)
Corolla Sprinter Coupe (KE15)


Generasi Kedua (1971-1974)
Generasi Kedua (1971-1974)
Toyota Corolla Coupe 1600 Levin (TE27)

Generasi Ketiga (1975-1979)
Generasi Ketiga (1975-1979)
Corolla Hardtop Coupe CS (KE35)

Generasi Keempat (1980-1984)
Generasi Keempat (1980-1984)
Corolla Liftback (TE71)

Generasi Kelima (1983-1987)
Generasi Kelima (1983-1987)
Toyota Corolla 1600 GT-S (AE86) versi Amerika

Generasi Keenam (1988-1992)
Generasi Keenam (1988-1992)
Corolla Wagon (AE92) versi Amerika

Generasi Ketujuh (1992-1997)
Generasi Ketujuh (1992-1997)
1994 Corolla Seca

Generasi Kedelapan (1995-2002)
Generasi Kedelapan (1995-2002)
Corolla Hatchback versi Eropa
Generasi Kesembilan (2000-2006)
Generasi Kesembilan (2000-2006)
2003 Corolla Altis 1.8 G

Generasi Kesepuluh (2006-Sekarang)
Generasi Kesepuluh (2006-Sekarang)
2010 Corolla Altis 2.0 V

Itulah beberapa jenis mobil sedan corolla dari generasi ke generasi yang sudah dikeluarkan oleh Toyota.

Mobil sedan ini di jepang dipasarkan dengan mesin 4-silinder bensin sedangkan di Eropa dipasarkan dengan mesin diesel. Bentuk body Corolla yang paling umum adalah Sedan 4-pintu. Model body lain yang tersedia adalah Station wagon, dan Hatchback 3 dengan 5 pintu. Model sport berbentuk Coupe 2-pintu pernah diproduksi dari tahun 1970-an sampai 1999 dengan nama Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Pada tahun 1980-an, Levin dan Trueno juga tersedia dalam bentuk Liftback 3-pintu. 

Mobil berjenis sedan pabrikan Toyota ini mempunyai kapasitas silinder sebesar 2000 (cc) yang dapat menghasilkan Torsi Maksimum pada 21.0 (kgm) pada putaran mesin 3.600 (atm) sedangkan daya maksimumnya dapat mencapai 158 (ps) pada putaran mesin 6.200 (rpm). Mobil sedan Toyota dengan tipe mesin 3ZR – FE dengan tipe mesin 4 silinder ini memiliki 16 katup berteknologi DOHC dan Dual VVT-i with ACIS. Di Indonesia, Corolla AE112 atau dikenal dengan nama New Corolla,  merupakan sedan dengan fitur terlengkap dan termewah di kelasnya saat itu. Dilengkapi dengan ABS, dual airbag, variable timing wiper, dan sebagainya.

The Philosophy of a Corolla by Fumio Agetsuma :Our new Corolla must be as aerodynamically perfect as the parameters allow. It must be comfortable, with enough interior room to move about in. It will need all the modern features that future customers will want as well.

Spesifikasi Mobil Sedan Corolla

Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Corolla memiliki kapasitas bahan bakar sebesar 55 liter dengan bahan bakar bensin. Pada sistem pembakaran, Sedan Corolla mengusung teknologi sistem injeksi bahan bakar elektronik atau sering disebut dengan Elektronik Fuel Injection (EPS). Sehingga jenis sedan ini terbilang irit dalam pemakaian bahan bakar.

Disisi transmisi, mobil sedan ini menganut sistem transmisi perpindahan gigi secara manual dengan 6 kecepatan pada transmisinya. Sedang pada bagian sistem pengereman, mobil sedan toyota ini menggunakan sistem pengereman cakram dengan ventilasi di bagian depan, dan sistem pengereman Tromol/Drum di bagian belakang.

Untuk urusan suspensi, Sedan Corolla memadukan stabilizer MacPherson Strut dengan Coil Spring di bagian suspensi depan. Di bagian belakang menggunakan suspensi Torsion Beam with Coil Spring. Dengan teknologi suspensi terbaik menjadikan Corolla sedan terbaik yang memiliki kenyamanan tiada tara ketika anda mengendarainya.

Harga Mobil Sedan Corolla

Toyota menyuguhkan 3 type untuk jenis Corolla, dengan harga yang berbeda-beda yaitu :
1. Toyota Corolla 2.0 V : Rp. 391.500.000,00
2. Toyota Corolla 1.8 G : Rp. 361.200.000,00
3. Toyota Corolla 1.8 E :  Rp. 339.500.000,00.

mobil sedan

Untuk lebih mengenal tentang Toyota Corolla , Berikut adalah video dari Mobil Sedan Corolla

The Philosophy of a Corolla by Fumio Agetsuma :Corolla must change. But we should never destroy the popular base upon which Corolla sales are built. Our new car must reflect the wishes of the consumer, the ordinary people who drive Corollas.

Alasan Mobil Sedan Corolla Berbanderol Tinggi

Untuk harga sendiri, mobil ini termasuk mobil yang dibanderol tinggi. Mengapa demikian? Ada beberapa alasannya, yaitu sebagai berikut :
- Bandel, Banyak yang suka dengan mobil sedan corolla karena gampang merawatnya. Jikalau ada masalah, ada banyak yang menjual cadangannya, tak heran banyak para komunitas pecinta mobil senang memelihara mobil ini.

Komponen, untuk komponen-komponen atau onderdil pendukung dari mobil ini pun banyak dijual di toko onderdil.Untuk beberapa komponen bawaan pabrik memang sulit dicari, terlebih yang sifatnya kelengkapan bodi, seperti spion asli, side body moulding, dan beberapa part lain. Sedangkan onderdil selain standar pabrik, ada after market yang tak kalah bagus dan awet dipakai.

- Restorasi dan Modifikasi, Selain faktor diatas, yang menjadikan mobil ini mahal adalah kemudahan dalam memodifikasi dan restorasinya. Bagi para modifikator, Sedan corolla dimodifikasi dan cocok dipasangi model body kit dengan model dan aliran apa pun. Beberapa kontes modifikasi yang digelar masih menampilkan sosok DX bergaya balap, rally, vintage, dan paling banyak retro. Seperti beberapa Foto Modifikasi Mobil Sedan Corolla ini. Bahkan balap retro nasional saat ini masih dihias oleh beberapa Corolla yang menjadi andalan. Alasan dari para pembalap, adalah mudah dikendalikan dan mudah dimodifikasi.

The Philosophy of a Corolla by Fumio Agetsuma :There should be no generation gap with Corolla. It should appeal to young and old alike. Corolla must also transcend national boundaries. It must perform as well in sub-zero temperatures as it does in the tropics or in the heat of the deserts of the world. Above all, Corolla must be a car that pleases.

Mobil Sedan Corolla Merebut Konsumen Mapan.

Dengan harga yang tinggi, banyak yang bilang kendaraan sedan identik dengan kendaraan eksekutif. Karena hanya orang-orang mapan saja yang mampu membelinya. padahal dari segi kenyamanan dan stabilitas, sedan lebih baik. Kendaraan Corolla adalah kendaraan untuk Pria yang lebih mapan.

Sedan Corolla Yang Ramah Lingkungan

Tak hanya memberikan fitur-fitur yang cangih dan kualitas tinggi, Mobil ini juga ramah lingkungan. Dengan meningkatkan performa lingkungannya dalam hal penghematan dan efisiaensi bahan bakar, membuat sedan ini mempunyai mass market yang berpotensi memberi dampak nyata terhadap konservasi lingkungan hidup. maka Hal ini membuat Corolla menjadi nominasi sebagai Green Cars of the Year 2014 . Penghargaan ini diberikan oleh Majalah The Green Journal. Mobil Sedan Corolla menjadi salah satu dari lima finalis Green Cars 2014


Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Corolla
http://mobil.blibil.com/harga-mobil-toyota-corolla-dan-spesifikasi/
http://images.google.com/ 

http://www.toyota.astra.co.id/product/corolla
http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/corolla-nominator-green-car-of-the-year/
http://otomotif.kompas.com/read/2013/11/18/10576/Ini.Penyebab.Corolla.DX.Berbanderol.Tinggi
http://otomotif.kompas.com/read/2013/12/16/10869/Sedan.Toyota.Corolla.Sosor.Konsumen.Mapan
http://www.youtube.com/watch?v=V1HYzRO9CpE

Baca juga tentang review lainnya :
Review Mobil Proton Indonesia Terbaik
http://www.hanivinside.net/2014/08/review-mobil-proton-indonesia-terbaik.html

Asus Zenfone Smartphone Android Terbaik
http://www.hanivinside.net/2014/08/asus-zenfone-smartphone-android-terbaik.html
Title: Review Mobil Sedan Corolla
Posted by:Haniv Einztein
Published :2013-12-27T15:39:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 31337 Reviews
Review Mobil Sedan Corolla

Published :

By Haniv Einztein
Pure and Simple. Ditakdirkan sebagai cowok ganteng, normal berkelakuan baik, saya dibesarkan, dirawat, dididik, dipelihara, dikembangkan, dilestarikan dan dibudidayakan ditengah keluarga dengan tingkat perekonomian menengah kesamping. Tinggal di Reo, Chuuk, Micronesia

9 komentar

Memang sedan corolla sudah terkenal bagusnya bro, mantab (y)

Reply

Corolla Trueno GT Mangstap tu mobil.
Mobilnya Takumi di Initial D.
Cukup buat ngelibas mobil kaleng yg suka semena-mena di jalan tol. haha

Reply

ga pernah nonton initial D bro, kurang tau.

Reply

bagusan tipe yang apa gan untuk jenis Mobil Sedan Corolla ?
Mobil Sedan Corolla DX? Mobil Sedan Corolla Twincam? Mobil Sedan Corolla GT? Apa yang terbaru Mobil Sedan Corolla Altis?

Reply

semua nya bagus kok gan, selera masing2 juga sih.
beda jenis mungkin beda fitur atau kelebihan.

Reply

Nice Review. Jadi Hot Thread di kaskus juga ternyata, termasuk mobil yang paling keren di zamannya, bahkan sampai sekarang
http://www.kaskus.co.id/thread/52d245bd5acb1758360000d2/mobil-mobil-yang-di-anggap-gaul-pada-jaman-dulu/

Reply

hehe iya juga ya, sampe jadi HT di kaskus. sebenernya pengen juga punya corolla, tp belum kesampean.

Reply

halo mas, mau tawarin job seo nih, kira2 berminat kaga ya?
harap balas ke email sokkermania@yahoo.com
terima kasih

Reply

nice article, thank u or share information about toyota corolla.
but if are u need other information u can see at : http://www.trustreview.tk/

Reply

Poskan Komentar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF. jika ditemukan, akan saya hapus.