Trik Mengurangi Bounce Rate

Bounce Rate


Bro..bro.. Bounce rate itu bro, ketika temen cowok lu yang agak tomboy, pas lagi makan kue bolu, saking enaknya ampe lupa minum, trus keseleg sambil bilang, "Bou nce'rate" (Bo' Sereet)  Garing ya? hehe..

Apa itu Bounce Rate ?
Apa itu Bounce Rate ?

Biar ga garing, sebaiknya saya bahas dulu apa itu Bounce Rate yang sebenarnya. Seperti biasa, namanya juga blogger pemula, abis dapet kosakata baru di dunia per'blogger'an. Mau berbagi informasi aja. Jadi Bounce Rate  adalah jumlah presentase visitor yang langsung meninggalkan blog atau halaman blog anda. Misalnya: seorang visitor datang dari search engine, kemudian langsung pergi tanpa mengunjungi halaman yang lain pada blog anda. Ini berarti yang berkunjung HANYA mengunjungi satu halaman dari sebuah situs.

Mengapa bisa terjadi Bounce Rate ?
Mengapa bisa terjadi Bounce Rate ?Setelah tau apa itu Bounce rate, lalu kenapa bisa terjadi bounce rate di blog anda ? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan visitor tidak betah saat berkunjung di blog anda, sehingga ketika datang mereka langsung pergi juga, tanpa melihat-lihat halaman lain di blog anda. Inilah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya Bounce Rate :

1. Waktu loading blog yang lama. hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pengunjung, karena mereka dibuat menunggu lama ketika halaman yang mereka inginkan tak terlihat juga. Karena terlalu lama, pengunjung tidak sabar dan langsung menutup halaman blog anda dan pergi mencari blog lain.

2. Desain/Tampilan blog yang kurang user friendly. Saya pernah mengunjungi sebuah blog yang menurut saya membingungkan. Dalam artian untuk masalah penampakan dan fungsionalitas desain blog tersebut. Menu navigasi yang tidak berfungsi, warna template yang kurang enak dilihat, sehingga membuat saya tidak nyaman dalam membaca konten blog tersebut dan memutuskan untuk pergi.

3. Sedikitnya jumlah posting. Blog yang tidak punya banyak posting, tentu akan membuat pengunjung tidak bertahan lama di blog tersebut. Setelah selesai membaca satu post, biasanya pengunjung suka melihat post-post yang lain, apalagi kalau posting tersebut menarik.Namun karena sedikitnya jumlah posting yang ada. Maka pengunjung akan cenderung meninggalkan blog anda.

4. Pop Up yang sangat mengganggu. Inilah yang paling saya benci ketika menemui sebuah blog dan langsung diserang dengan berbagai pop up secara bertubi-tubi. Ya boleh lah, ada pop up, namun jangan terlalu banyak. dan berlapis-lapis. Itu sangatlah mengganggu. Wajar jika pengungjung langsung pergi menjauh.

5. Konten Sampah. Apa yang terjadi jika pengunjung melihat blog yang dikiranya dapat memberikan jawaban atas apa yang ia cari, namun ternyata kenyataanya ia tidak menemukan hal tersebut. Malahan disuguhi konten yang jauh dari keyword yang dimaksud. Pasti ia akan pergi kan.

Sepertinya hal-hal diatas sudah cukup memberikan alasan kenapa bisa terjadi Bounce Rate yang tinggi di blog anda. Sebenarnya masih ada beberapa hal lain lagi yang bisa menjadi penyebab. Lalu apakah di blog anda mempunyai hal-hal yang saya sebutkan diatas ? waspadalah !

Bounce Rate dan Google
Bounce Rate dan Google
Google adalah sumber visitor terbesar yang menyumbangkan banyak trafik ke sebuah blog/website. Untuk membuat Google menyukai blog anda maka anda harus bisa mengoptimasi SEO pada blog anda. SEO yang bagus akan membuat blog anda mempunyai posisi yang bagus pula di Google. Saat seorang yang datang ke blog anda dari hasil pencarian dan kemudian langsung meninggalkan blog anda begitu saja, hal itu dapat mengurangi penilaian google terhadap posisi blog di SERP. Jadi apa yang mesti kita lakukan untuk mengurangi tingginya bounce rate pada blog ? Saya akan memberikan beberapa trik agar pengunjung betah berlama-lama di blog anda. Dan tentunya itu akan berdampak pada berkurangnya Rasio Pentalan atau Bounce Rate pada blog.

Bagaimana cara mengurangi Bounce Rate ?
Bagaimana cara mengurangi Bounce Rate ?

  1. Jangan menutupi konten dengan iklan
  2. Buat konten yang menarik dan bermanfaat
  3. Selalu buat konten yang mudah diakses
  4. Buat widget postingan terkait
  5. Tambahkan notifikasi bar 
  6. Desain blog yang user friendly
  7. Percepat loading blog
  8. Jangan pasang pop up yang tidak perlu


1. Jangan menutupi konten dengan iklan
Ya iyasih, banyak blogger yang memonetize blognya dengan cara memasang iklan. Tapi kan ga berarti harus memasang banyak iklan di semua tempat, sampe-sampe konten blog itu sendiri tertutup oleh iklan. Itu sangat menjengkelkan para pengunjung.

2. Buat konten yang menarik dan bermanfaat
Penyebab terbesar dari meningkatnya tingkat bouncing adalah konten sampah. Situasi semakin buruk bila konten buruk ditulis dengan gaya yang membosankan. Jika itu terjadi, tingkat bouncing blog anda mungkin akan mencapai 100%. Pengunjung suka blog yang penuh informasi dan disajikan dengan gaya yang menarik.

3. Selalu buat konten yang mudah diakses
Pengunjung akan merasa nyaman jika dalam menelusuri blog anda dengan sistem navigasi yang mudah. Buatlah menu navigasi yang mudah dioperasikan. Pasang widget postingan terbaru dan postingan populer di blog anda. Hal ini akan membantu dalam mengurangi tingkat bounce rate yang tinggi.

4. Buat widget postingan terkait
Widget ini berfungsi untuk menunjukkan daftar posting yang sekiranya memiliki hubungan dengan posting yang sedang dibaca visitor/pengunjung. Usahakan untuk memasang widget ini sedekat mungkin dengan bagian akhir posting. Jika memungkinkan, buatlah widget related post terlihat mencolok dan menarik untuk di-klik oleh pengunjung. Dan hal itu akan membuat visitor tetap berada di blog anda.

5. Tambahkan notifikasi bar 
Notifikasi ini bisa berbentuk bar atau pun berbentuk icon. Hal ini akan sangat membantu mempertahankan visitor. Untuk notifikasi bar, anda bisa menggunakan wibiya bar. Sedangkan untuk notifikasi icon, anda bisa menggunakan notifikasi model google+ seperti yang saya gunakan.

6. Desain blog yang user friendly
Desain blog itu sangatlah penting. Apakah pengunjung nyaman atau tidak dengan design blog anda. Saat mendesain blog, Pastikan pemilihan warna background dan text yang baik sehingga konten anda terlihat jelas. Penting juga untuk memperhatikan ukuran font, gaya font dan warna font. Sebuah tata letak yang sederhana dan bersih dari elemen-elemen penggangu, itu akan membuat pengunjung anda betah dan nyaman saat membaca konten anda.

7. Percepat loading blog
Buatlah blog anda seringan mungkin. Tentu pengunjung blog Anda akan senang apabila blog Anda memiliki waktu muat yang cukup cepat bukan?

8. Jangan pasang pop up yang tidak perlu
Ini juga termasuk salah satu alasan terbesar dari peningkatan tingkat bouncing suatu blog. Pop up yang mengganggu pengunjung. Hindarilah memasang pop up yang tidak perlu, yang muncul lagi dan lagi, Itu akan membuat pengunjung kesal, kemudian meninggakan blog anda.


Itulah beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk mengurangi tingkat bounce rate pada blog anda. Namun hal tersebut tidak menjamin akan mengurangi bounce rate anda dengan cepat. Semua itu perlu proses, untuk itu jangan lupa untuk mencoba trik-trik diatas agar kita tahu hasilnya. Dan bila ada tambahan trik dari anda, atau anda menemukan trik baru, mari kita diskusikan disini. 

Ini adalah statistik Bounce Rate dari hanivinside.NET berdasarkan Alexa.
Ini adalah statistik Bounce Rate dari hanivinside.NET berdasarkan Alexa.

Saya sendiri sudah mulai menerapkan trik diatas dan Alhamdulillah sudah mulai menurun, walau tidak signifikan tapi tetap ada penurunan. :) Selamat mencoba.



Previous
Next Post »

8 komentar

Tulis komentar
11/5/14 19:21 delete

wah ulasannya lengkap nih, saya simpan ya buat referensi kalau bahas tentang ini makasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
12/5/14 01:56 delete

boleh-boleh. yang penting credit nya aja jngn lupa.

Reply
avatar
sujaya
AUTHOR
13/5/14 10:18 delete

Berapa bounce rate yang wajar dan tidak wajar?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
13/5/14 12:42 delete

kalau menurut saya nih, bounce rate yg masi dalam batas wajar adalah 50% diatas itu udah ane bilang sih membahayakan, soalnya dari semua pengunjung, separuhnya dipastikan secara langsung meninggalkan situs anda tanpa melihat-lihat / jalan-jalan ke halaman yg lain milik anda.

Reply
avatar
4/6/14 16:06 delete

patut dicoba nih triknya, soalnya bounce rate blog saya mencapai 79,21%... terima kasih gan triknya
http://simplenews05.blogspot.com/

Reply
avatar
7/12/14 01:33 delete

makasih mas Artikelnya

Reply
avatar
Ahyar
AUTHOR
15/3/15 13:11 delete

Saya baru membangun blog berusia 2 minggu posting 30, bounce rate-nya masih 70% an. Butuh berapa lama mas supaya bisa turun di bawah 50.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/3/15 23:27 delete

tergantung konten blog kamu bro, semakin menarik isinya, pengunjung betah baca-baca di blog. bounce rate pasti turun

Reply
avatar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon