Pentingnya Menjaga Kelancaran ASI

Pentingnya Menjaga Kelancaran ASI

Air Susu Ibu (ASI) memiliki banyak manfaat bagi bayi yang baru lahir. Air susu ibu secara alami diproduksi dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kembang bayi. Nutrisi yang terkandung pada ASI meliputi vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Selain kandungan nutrisi yang melimpah dan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi, ASI juga memiliki komposisi yang lebih mudah dicerna ketimbang susu formula. 

Banyak atau tidaknya ASI yang dihasilkan oleh setiap bunda berbeda-beda tergantung kondisi kelancaran dari produksi tersebut. Banyak faktor yang dapat mengganggu kelancaran dari produksi ASI itu sendiri. Beberapa keadaan yang mampu mengganggu kelancaran produksi ASI yaitu, 

  1. Asupan makanan yang dikonsumsi bunda
  2. Kondisi psikis bunda yang sangat penting karena memiliki pengaruh yang besar untuk produksi ASI. Saat bunda dalam keadaan cemas, stress, khawatir atau tegang hal tersebut dapat membuat ASI tidak akan turun dari aveoli menuju puting
  3. Bayi kurang bisa menghisap ASI secara benar yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya struktur mulut dan rahang bayi yang kurang baik. Tapi jika memang ini kendala yang terjadi bunda tidak perlu khawatir karena tetap bisa memberikan ASI dengan cara pemberian melalui botol susu. Akan tetapi dipastikan terlebih dahulu ya bunda untuk botol susunya sudah dibersihkan dengan sabun pencuci botol bayi murah sehingga jauh dari bakteri dan virus.

Meskipun begitu bunda harus tetap berusaha agar produksi ASI tetap lancar dan mampu mencukupi kebutuhan si kecil. Hal tersebut selain dikarenakan banyak sekali manfaat dari kandungan nutrisi pada ASI juga baik untuk kesehatan payudara bunda sendiri. Proses pemberian ASI secara langsung dianggap mampu mengurangi resiko kanker payudara. 

Selain pemberian ASI, kesehatan bayi juga dipengaruhi dengan kebersihan setiap peralatan yang digunakan. Pastikan untuk semua peralatan yang akan digunakan si kecil sudah dibersihkan dan disterilkan menggunakan sabun pencuci botol bayi. Apabila peralatan tidak dibersihkan dengan baik akan menimbulkan dampak negatif contohnya perut kembung. Meskipun keadaan tersebut bisa ditanggulangi dengan pertolongan pertama menggunakan minyak telon bayi. Akan tetapi minyak telon bayi tidak mampu menanggulangi jika keadaan kembung semakin parah. Oleh karena itu penting sekali untuk bunda menjaga kesehatan si kecil baik dari sisi pemberian nutrisi maupun kebersihan perlengkapannya.


Latest
Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon