Tips Persiapan Sebelum Ujian

Tips Persiapan Sebelum Ujian

Nggak kerasa sebentar lagi udah mau UAS aja, cepet amat dah.. perasaan baru kemaren UTS. Udah ada persiapan belum alias belajar? Kebiasaan kita semua sebelum ujian adalah mempersiapkan ujian sehari sebelumnya,yaitu dengan belajar SKS (Sistem Kebut Semalem).Jadi jarang benget yang mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.Nah mulai sekarang tinggalin deh kebiasaan yang kurang baik ini.Soalnya hafalan kita juga ngga akan bertahan lama,setalah ujian langsung hilang semua ( betul nggak??).Dibawah ini ada beberapa hal yang harus kita siapkan untuk menghadapi ujian dengan tips “SAMBUT”.

Tips Persiapan Sebelum Ujian SAMBUT , Yaitu singkatan dari :

Semangat Dong!!!
Biasanya kita malas benget dan tidak bersemangat belajar kalau tidak terpaksa,makanya masih banyak yang belajarnya SKS.Nah kebiasaan ini harus kita hilangkan.Intinya ada di dalam diri kita sendiri,kalau kita merasa banyak keuntungannya saat belajarnya dicicil maka akan mempengaruhi mental kita saat ujian.Kenapa?Dengan menyicil belajar,kita akan bisa tidur nyenyak saat besok ujian,soalnya kita sudah mengulang pelajaran jauh-jauh hari.Jadi,tingkatkan semangat kita untuk belajar!Selain itu juga dengan menyicil belajar,menjaga fisik kita untuk bias rileks dan menghindari begadang semalam suntuk,padahal ujian itu butuh konsentrasi untuk memecahkan soalnya.Kalau ujiannya setiap hari,bias-bisa kita sakit.

Atur Waktu

Kapan sih waktu yang tepat buat belajar?Yang bisa menjawab ini tentunya kita sendiri.Bagi yang ngga bisa belajar kalu suasana rebut, sebaiknya belajarlah di malam hari atau sebelum pagi.Saat-saat seperti ini biasanya sunyi dan lebih tenang.Tapi bagi yang bisa belajar di suasana rebut sekalipun,akan lebih fleksibel menentukan waktu belajarnya.Ia bisa memilih waktu belajardi siang hari,sore,atau malam hari.Dalam memilih waktu belajar,carilah yang betul-betul membuat belajar kita nyaman dan tidak terganggu.



Berdasarkan hasil penelitian,ternyata ada perbedaan hasil belajar sesaat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.Belajar yang perlu hapalan sebaiknya dilakukan sesaat sebelum tidur.Waktu ini sangat baik untuk menghapal kata-kata baru,pada saat ini akan menghasilkan 2-3 kali lebih banyak kita dapat menghapal daripada waktu siang hari.Kalau kita ingin menghapal suatu konsep baru dan sifatnya harus memeras otak,lebih baik dilakukan sesudah tidurpada pagi hari atau siang hari,saat tenaga kita baru pulih.Kalau kita mau mempelajari pelajaran yang baru diberikan di kelas,maka waktu yang paling baik adalah mereview setelah kelas selesai.Karena sebagian besar ucapan atau tulisan guru masih tergambar di benak kita.Saat itu juga merupakan waktu yang baik untuk melengkapi tulisan kita.

Membuat Ringkasan

Sebaiknya buat jadwal untuk mengulang mata pelajaran dengan rutin.Seberapa banyak sih waktu yang harus kita sediakan ?Hal ini tergantung pada materi yang kita pelajari,mata pelajaran yang sukar dipahami tentunya harus disediakan porsi waktu yang lebih banyak.
Jadwal yang kita buat meliputi : 
Review Harian : melakukan review pelajaran sebelum dan sesudah kelas berakhir.Sebelum memulai materi baru,bacalah catatan/materi sebelumnya yang telah ditandai.Lakukan review ini 10-15 menit pada pelajaran yang berbeda tiap harinya.
Review Mingguan : review ini dilakukan dengan waktu yang lebih lama dibandungkan review harian minimal 1 jam per pelajaran.Dalam review ini baca dan pelajari catatan dan buku teks(ringkasannya),kerjakan soal-soal latihannya,dll.
Cara lainnya yaitu buatlah kartu-kartu kecil yang kita tulisi rumus –rumus,definisi,kata kunci dari materi,tanggal-tanggal penting yang harus diingat,dll.agar bisa dibawa dan di hapalkan dimana saja.(Tapi jangan buat nyontek ya!!)

Belajar Kelompok
Belajar kelompok juga banyak membantu proses belajar.Ada yang ngga cocok dengan belajar kelompok dan lebih suka belajar sendiri.Tapi pada saat kita mengalami kesulitan dalam memecahkan soal,kita harus bertanya pada teman-teman kita.Dengan demikian banyak juga manfaat yang bisa kita ambil ketia belajar kelompok.Nah untuk membentu kelompok belajar,sebaikmya membentuk 5-7 orang anggotanya,jangan terlalu banyak,karena tidak akan efektif.Kemudian buatlah jadwal pertemuan untuk belajar.

UTamakan keseimbangan
Yang terakhir ini menunjukan bahwa kita harus mengutamakan keseimbangan antara proses dan hasil.Artinya kalau kita ingin mendapatkan nilai bagus,tentunya kita harus belajar ekstra keras.bukan sebaliknya, ingin dapat nilai bagus tapi ngga mau belajar,So nyontek jadi jalan keluarnya.Biasanya sih apa yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang kita usahakan.Jadi kalau kita dapat nilai jelek,jamgam salahin gurunya yang bikin soal susah,tapi kita harus menyadari bahwa mungkin aja proses belajar kita yang belum optimal.

Jadi marilah kita “SAMBUT” ujian dengan penuh semangat dan belajar dengan giat. Semoga tulisan ini bermanfaat buat temen-temen yang sebentar lagi menghadapi ujian akhir semester di bulan depan.. :)
Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon