Trik Ampuh Mengingat




Kenapa mengingat itu sulit? Pertanyaan itu pasti deh sesuai dengan kita-kita para pelajar yang gampang banget lupa ama materi pelajaran di sekolah or kampus.Apalagi kalau belajarnya Cuma modal SKS (Sistem Kebut Semalem),dijamin deeh…. abis ulangan nggak ada lagi yang nempeel di kepala.Sebenarnya ada banyak jalan untuk bisa mengingat dengan baik,Disini saya akan kasih tau kiat-kiat agar bisa mengingat lebih optimal.Biar gampang diinget tips nya aku kasih nama CLING yaitu singkatan dari:

Cobalah gaya belajar kamu yang dominan,
libatkan penglihatan,pendengaran,suara,sentuhan,maupun perasaan.Pekerjaan yang melibatkan lebih dari satu indera akan lebih mudah diingat 

Latihan dengan teknik
Ada beberapa teknik menghaoal yang bias kamu coba yaitu
-Password : gunakan kata kunci untuk mempermudah dalam mengingat.
-Akronim : buatlah sebuah akronim dari materi-materi yang mau kamu hapal

Intensifkan otak emosi
Agar mudahmenghapal,intensifkan penggunaan otak emosi yang berpusat pada otak baga pelipis (letaknya dekat pelipis).Pusat emosi otak kita berhubungan langsung dengan penyimpanan memori jangka panjang,itulah sebabnya kita semua dapat mengingat dengan mudah informasi apa pun yang punya muatan emosi tinggi atau berkesan banget dalam hidup kita.

Namai dengan kreatif
Otak kanan kita berhubungan dengan irama,rima,musik,gambar dan imajinasi,
Yang disebut dengan aktivitas kreatif.Namailah dengan kata-kata kreatif untuk materi yang ankan dihapalkan.Buatlah imajinasi dan asosiasi yang dapat menghubungkan sesuatu yang mirip dengan apa yang akan kita hapalkan.

Gunakan kombinasi teknik dan pengulangan
Teknik-teknik mengingat diatas pada prakteknya dapat dilakukan bersamaan.Lakukanlah kombinasi teknik-teknik tersebut untuk mempermudah menghapal.jangan lupa untuk mempelajari teknik tersebut secara berulang kali sampai mahir.

Semoga bermanfaat…

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon