Siklus Aplikasi Web Java Enterprise

Siklus Aplikasi Web Java Enterprise
Siklus Aplikasi Web Java Enterprise - Pada platform Java 2, komponen web menyediakan kemampuan perpanjangan dinamis untuk server web. Komponen web baik servlet Java, halaman JSP, atau endpoint layanan web. Interaksi antara klien web dan aplikasi web diilustrasikan pada Gambar disamping. Klien mengirimkan permintaan HTTP ke server web. Sebuah server web yang mengimplementasikan Java Servlet dan JSP mengubah permintaan menjadi objek HttpServletRequest. Objek ini dikirim ke komponen web, yang dapat berinteraksi dengan komponen JavaBeans atau database untuk menghasilkan konten dinamis. Komponen web kemudian dapat menghasilkan HttpServletResponse atau bisa lewat permintaan ke komponen web lain. Akhirnya komponen web menghasilkan objek HttpServletResponse. Web server mengkonversi objek ini untuk respon HTTP dan mengembalikannya ke klien.

Sebuah aplikasi web terdiri dari komponen web, file sumber daya statis seperti gambar, dan kelas pembantu dan perpustakaan. Wadah web menyediakan berbagai layanan pendukung yang meningkatkan kemampuan komponen web dan membuat mereka lebih mudah untuk dikembangkan. Namun, karena aplikasi web harus mengambil layanan ini ke sebuah account, proses untuk membuat dan menjalankan aplikasi web yang berbeda dari stand-alone Java kelas tradisional.

Secara singkat sebuah aplikasi web Java enterprise memiliki proses untuk membuat, menyebarkan, dan menjalankan aplikasi web dapat diringkas sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kode komponen web. 
  2. Mengembangkan aplikasi web deployment descriptor. 
  3. Kompilasi komponen aplikasi web dan kelas pembantu direferensikan oleh komponen. 
  4. Opsional paket aplikasi ke dalam sebuah unit deployable. 
  5. Menyebarkan aplikasi ke dalam wadah web. 
  6. Akses URL yang merujuk aplikasi web.


Untuk Penjelasan tentang Siklus Aplikasi Web Java Enterprise silakan simak tulisan dibawah ini yang saya dapatkan dari halaman tutorial yang ada di website Oracle.  (Sorry, bahasa inggris, males translate).

Siklus Aplikasi Web 

Developing web component code is covered in the later chapters. Steps 2 through 4 are expanded on in the following sections and illustrated with a Hello, World-style presentation-oriented application. This application allows a user to enter a name into an HTML form and then displays a greeting after the name is submitted.

Siklus Aplikasi Web Java Enterprise
Greeting Form
Siklus Aplikasi Web Java Enterprise
Respone
The Hello application contains two web components that generate the greeting and the response. This chapter discusses two versions of the application: a JSP version called hello1, in which the components are implemented by two JSP pages (tut-install/javaeetutorial5/examples/web/hello1/web/index.jsp and tut-install/javaeetutorial5/examples/web/hello1/web/response.jsp) and a servlet version called hello2, in which the components are implemented by two servlet classes (tut-install/javaeetutorial5/examples/web/hello2/src/servlets/GreetingServlet.java and tut-install/javaeetutorial5/examples/web/hello2/src/servlets/ResponseServlet.java). The two versions are used to illustrate tasks involved in packaging, deploying, configuring, and running an application that contains web components.

Lebih lengkapnya silakan baca di Web Aplication Cycle.




Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon