Review situs jual beli dan belanja online blanja.com

Seiring perkembangan teknologi dalam jaringan (online) yang semakin maju, sampai di penghujung tahun 2014 ini perkembangan minat masyarakat Indonesia dalam hal berbelanja juga berubah. Kini orang lebih cenderung memilih jual beli secara online.Persaingan ecommerce di Indonesia semakin ramai pula, banyak situs jual beli online mulai bermunculan. Salah satu yang terbaru adalah blanja.com. Blanja.com adalah perusahaan market place hasil kerjasama antara Telkom Indonesia dan Ebay, Blanja.com hadir sebagai market place yang menghubungkan antara penjual dan pembeli, dengan menawarkan berbagai macam produk unggulan. Dengan hadirnya blanja.com akan menjadikan persaingan pasar belanja online di Indonesia semakin panas.


Review situs jual beli dan belanja online blanja.com


Dari sisi design, kesan pertama saya saat membuka website yang beralamat di http://blanja.com tersebut terlihat sangat simple namun tetap terlihat elegan dengan header berwarna putihnya. Disebelah kiri terdapat menu yang menampilkan kategori produk yang dijual di blanja.com. Saya coba arahkan cursor ke menu tersebut dan otomatis akan menampilkan submenu tentang kategori tersebut. Di header bagian atas terdapat kotak pencarian di header yang dapat memudahkan user dalam mencari produk yang dicari. 

Untuk navigasi, dibawah header terdapat 3 tab utama yang terdiri dari tab Social Shop, New Arrivals, dan Daftar Toko dimana masing-masing tab tersebut jika diklik akan menampilkan :
1. Social Shop : Berisi tentang produk-produk terpopuler, mulai dari produk yang paling di sukai, produk yang paling banyak dilihat, sampai produk yang paling laris terjual.

2. New Arrivals : Di tab ini akan ditampilkan produk-produk terbaru yang dikeluarkan oleh Toko di blanja.com

3. Daftar Toko : Disini akan tertera berbagai toko yang berjualan di blanja.com yang tentunya sudah terpercaya dan aman. Sehingga user tidak perlu khawatir oleh penipuan.

Dibawah ketiga tab diatas, terdapat slideshow yang menampilkan produk dan berbagai penawaran yang sedang promo di blanja.com. Untuk konten selanjutnya yang berada dibawah sildeshow merupakan tampilan sebagian detail produk-produk sesuai kategorinya. Dibagian footer terdapat berbagai informasi tentang blanja.com, mulai dari cara mendaftar maupun cara membuka toko di blanja.com.

Overall, dari sisi design dan tampilan blanja.com sudah sangat baik. Warna yang cerah membuat saya nyaman dalam menjelajah produk-produknya. Melalui menu-menu yang juga mudah dimengerti, sehingga user tidak akan bingung saat menggunakan blanja.com untuk berbelanja.

Selanjutnya yang akan saya bahas adalah tentang transaksi di blanja.com. Untuk pembayaran di blanja.com melayani beberapa metode. Antara lain adalah :
  • Pembayaran Online. Untuk pembayaran online blanja.com menerima pembayaran melalui Bank BCA. Bank Mandiri dan Bank Permata
  • Transaksi COD
  • TCASH 

Salah satu elemen penting dalam sebuah situs jual beli online adalah feature customer service yang dapat memudahkan user dalam mendapat informasi/layanan situs tersebut. Di blanja.com feature tersebut terdapat di menu bagian atas bagian paling kanan bernama “live support”

Menurut saya blanja.com sudah memenuhi 5 elemen penting dalam situs jual beli online.
Seperti Pembagian Kategori Produk (Katalog Produk) yang jelas, Fitur Pencarian dan Filter Produk, Fitur Customer Service, Produk Update , Diskon/Potongan Harga.

Sebagai situs jual beli online yang baru saja masuk pasar indonesia, Blanja.com akan menjadi salah satu pilihan tempat berbelanja yang tepat bagi anda.
Previous
Next Post »

2 komentar

Tulis komentar
23/1/15 06:07 delete

Ulasannya lebih menonjolkan penilaian desain, bagus mas, jadi ciri khas dalam menuangkan pendapatnya.

Memang Blanja bisa dipercaya apalagi udah hampir 4 tahun.

Makasih mas.

Reply
avatar
lina salim
AUTHOR
10/5/15 20:19 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon