Inilah Yang Harus Diketahui Para Blogger

Tips-Tips Blogging agar tidak mendapat hukuman atau tidak melanggar peraturan.


Mungkin beberapa waktu yang lalu pernah terdengar kabar bahwa ada seorang blogger yang disomasi oleh suatu pihak karena tulisannya di blog. Disini saya tidak akan membahas tentang itu, namun saya akan berbagi tips bagaimana agar kita terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan kita mendapat hukuman akibat tulisan kita di media online.


Menulis Fakta
Rata-rata, blogger menulis sesuatu yang bersifat opini dan itu terbiasa terjadi dimana-mana. Jika menulis yang agak sensitif, tips pertama ini setidaknya dapat menjadi pertimbangan bagi teman-teman. Apalagi tulisan kritis.

Jangan menuduh pakai kata sifat (bodoh)
Lupakan, bahwa kita hidup dinegara yang terus mengusung bebas berekspresi. Masa sih, bebas harus menyudutkan orang-orang dengan tulisan yang kata-katanya tidak menyenangkan. Tips kedua ini jadi pertimbangan saat teman-teman mau menulis kata sifat. Usahain semisal *maaf, bodoh, diganti dengan kurang pintar atau kurang baik. Itu lebih baik didengar bukan.

Hindari ucapan kebencian (Hate Speech)
Sama seperti diatas. Kurangi cacimakian terhadap siapapun melalui media sosial khususnya blogger.

Taati kode etik jurnalistik
Tidak harus hafal kesemua kode etik seperti 5w + 1h, setidaknya saat teman-teman menulis jangan lupakan beberapa hal seperti waktu, tempat dan siapa saja yang terlibat. Karena, jika tulisan teman-teman masuk ranah hukum. Akan dilihat, apakah tulisannya terkait jurnalistik atau tidak.




Resource : dotsemarang
Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon