Anda Ingin Berlibur ke Padang? Jangan Lupa Beli Aneka Oleh-Oleh Ini!

Anda Ingin Berlibur ke Padang? Jangan Lupa Beli Aneka Oleh-Oleh Ini!
Bukan hanya Pulau Jawa yang dihubungkan oleh jalur kereta api yang mudah diakses. Pulau Sumatera juga memiliki fasilitas yang sama. Jika Anda sudah berada di Pulau Sumatera, Anda tinggal membeli tiket kereta api saja untuk berlibur ke berbagai kota. Salah satu destinasi wajib saat berada di Pulau Sumatera adalah Kota Padang.

Tak hanya memiliki banyak objek wisata yang mengagumkan, Kota Padang juga punya beragam jenis oleh-oleh istimewa. Ketika Anda sedang liburan di Padang nanti, jangan lupa membeli beberapa oleh-oleh ini untuk orang-orang terdekat:

Keripik Singkong Balado
Bukan kuliner Padang namanya jika tidak identik dengan cita rasa pedas. Salah satu yang jadi favorit banyak orang adalah keripik singkong balado. Biasanya keripik singkong balado khas Padang terbuat dari singkong utuh yang diiris besar-besar dan diolesi adonan sambal. Sehingga bentuk keripiknya jauh lebih besar daripada keripik singkong balado biasa. Rasa gurih pedas dengan tekstur renyah membuat keripik singkong ini selalu laris diburu para wisatawan.

Rendang Daging
Rendang khas Padang memang menjadi salah satu lauk paling lezat dan populer. Bahkan popularitas rendang sudah mencapai taraf internasional. Tak mengherankan jika rendang daging masih menjadi menu sekaligus olahan favorit hingga saat ini. Rendang daging yang dimasak dengan benar sampai kering bisa tahan sampai berbulan-bulan. Aroma dan rasanya tak akan berubah meski disimpan di dalam freezer.

Rendang Runtiah
Rendang runtiah adalah sebutan untuk rendang yang terdiri dari daging sapi suwir. Tekstur daging sapi yang disuwir membuat jenis rendang ini bisa dimasak hingga benar-benar kering, mirip seperti abon. Daya tahan rendang runtiah jauh lebih lama daripada rendang daging. Rasanya juga sangat nikmat karena semua bumbunya meresap sempurna sampai ke serat-serat daging.

Dendeng Balado
Masih ada satu lagi oleh-oleh populer dari Padang yang terbuat dari olahan daging, yaitu dendeng balado. Agar teksturnya empuk, dendeng balado biasanya dipukul-pukul agar serat dagingnya menjadi lunak dan bumbunya meresap sempurna. Kini dendeng balado dikemas secara modern dengan kemasan yang menarik agar lebih mudah dibawa. Selain dendeng balado, ada pula varian lain berupa dendeng batokok yang terbuat dari cabai hijau.

Rendang Telur
Bukan hanya rendang daging saja yang disukai sebagai oleh-oleh. Rendang telur kering juga menjadi favorit wisatawan. Telur yang digunakan dalam rendang ini diolah sedemikian rupa agar teksturnya garing dan tahan lama. Namun, bumbu-bumbu rempah khas rendangnya masih bercita rasa kuat. Sehingga rasa dan aromanya tak jauh berbeda dengan rendang daging.

Galamai
Jika Anda menyukai dodol, berarti Anda pasti juga menyukai galamai. Camilan yang satu ini memang sangat mirip dodol. Namun galami menggunakan kacang tanah sebagai bahan tambahan. Tekstur legit dari tepung ketan berpadu dengan gula merah, santan, dan kacang tanah. Proses pembuatan galamai membutuhkan waktu lama supaya benar-benar matang dan tahan lama.

Kue Sapik
Kue sapik adalah sebutan untuk kue semprong khas Padang. Kalau kue semprong biasanya dibentuk dengan cara digulung, kue sapik dibentuk segitiga agar lebih mudah ditumpuk. Bahan dasar kue sapik terdiri dari tepung beras, gula pasir, garam, dan telur yang sudah dikocok. Agar aromanya lebih istimewa, biasanya adonan kue sapik diberi tambahan biji wijen.

Wah, deretan oleh-oleh khas Padang tersebut memang sangat menggugah selera, ya. Jadi. Jangan tunda lama-lama bila memang berencana berlibur ke Padang. Pastikan bahwa tak ada oleh-oleh yang terlewatkan dari catatan belanja Anda. 

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon