Cara Terbaik Untuk Menghemat Bahan Bakar Bensin

Cara Menghemat Bahan Bakar Bensin
Salah satu pengeluaran penting bagi setiap keluarga adalah pengeluaran transportasi. Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, biaya bensin merupakan pengeluaran wajib yang harus dipikirkan selain parkir dan uang Tol. Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan seperti bensin ataupun solar pasti terjadi pada tenggat waktu tertentu. Kenaikan harga ini pastinya dipengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah harga minyak dunia. Untuk di Indonesia sendiri, kenaikan BBM diperkirakan akan terjadi pada tahun 2018 ini. Besaran kenaikan harganya diperkirakan antara 10% sampai 30%. Namun perkiraan ini bisa terjadi, bisa juga tidak.Setelah mengetahui perkiraan tersebut sekarang Anda juga harus tahu bagaimana cara menghematnya. 


Inilah beberapa cara terbaik untuk menghemat bahan bakar bensin :

Tidak memanaskan kendaraan terlalu lama
Saat Anda menyalakan mesin, kendaraan Anda sudah langsung menggunakan bahan bakarnya. Oleh karenanya, jika Anda ingin menghemat pembelian BBM, Adan tidak boleh memanaskan kendaraan terlalu lama. Kebiasaan lain yang menguras bahan bakar saat memanaskan mobil adalah menginjak pedal gas dalam-dalam. Panaskanlah kendaraan beberapa saat sebelum Anda hendak berangkat. Jangan sepelekan waktu memanaskan mobil jika Anda ingin irit BBM.

Tidak melewati batas kecepatan
Jangan disangka kebut-kebutan tidak menjadikan Anda boros BBM. Menginjak pedal gas padas mobil, atau memutar gas pada motor, tiba-tiba saat kendaraan berhenti akan menjadikan bensin Anda cepat habis. Begitupun dengan melakukan rem mendadak saat kendaraan sedang melaju, hal ini bisa menjadi penyebab borosnya penggunaan bahan bakar kendaraan Anda. Oleh karena itu, dengan melakukan kebiasaan berkendara yang baik Anda sebenarnya sudah menghemat penggunaan bensin.

Matikan mesin jika macet total
Untuk area Jakarta, sudah tidak asing lagi dengan kondisi jalanan yang macet. Kalau Anda terjebak di jalanan yang macet total, maka sebaiknya Anda mematikan mesin kendaraan Anda. Selama Anda mengaktifkan mesin kendaraan, maka bensin akan terus terpakai. Karena itulah, untuk penggunaan bensin yang efisien, sebaiknya Anda mematikan mesin kendaraan kapapun tidak digunakan, termasuk saat terjebak dalam keadaan macet total.

Gunakan AC dengan efisien
Satu lagi yang membuat Anda boros dalam pengeluaran bahan bakar adalah penggunaan Air Conditioner (AC) dalam mobil yang berlebihan. Hal ini karena penggunaan AC mempengaruhi putaran mesin yang juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Dengan menggunakan AC sewajarnya, Anda mengurangi beban putaran mesin dan mengurangi penggunaan bahan bakar.

Tidak menambah hambatan angin dan beban mobil secara berlebihan
Menambah aksesoris kendaraan secara berlebihan bisa menjadikan Anda boros bahan bakar. Penambahan bumper, rak barang, atau sound system yang terlalu berat akan menghambat jalannya kendaraan. Menyebabkan kendaraan Anda membutuhkan lebih banyak tenaga, yang akhirnya membutuhkan penggunaan bensin yang lebih banyak.

Service secara berkala
Melakukan service secara berkala dan memastikan kondisi kendaraan selalu dalam keadaan baik akan menghemat penggunaan bahan bakar. Dengan melakukan service secara rutin, Anda bisa memastikan semua komponen mesin dalam kendaraan akan dipastikan kondisinya. Jika semua komponen kendaraan dalam keadaan baik, Anda bisa memastikan bahwa penggunaan bahan bakar juga efisien.

Gunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan persyaratan pabrikan
Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan bahan bakar sesuai dengan persyaratan pabrikan. Misalnya, jika kompresi pembakaran mobil Anda menuntut mobil diisi dengan bahan bakar ber-oktan tinggi seperti Pertamax, maka jangan diisi dengan Premium. Ketidakcocokan antara kompresi pembakaran dengan bahan bakar bisa merusak mesin dan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros.

* Sumber artikel dari Harga Bahan Bakar Bensin (BBM) Terkini AturDuit.




Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon