Pendekatan Bentang Alam Dilakukan APRIL Pulp Untuk Melindungi Hutan Gambut

Kawasan Indonesia memiliki lahan gambut yang tergolong ekosistem sensitif. Salah satu contohnya berada di provinsi Riau tepatnya di Semenanjung Kampar. Semenanjung Kampar merupakan salah satu kawasan lahan gambut terbesar di Asia Tenggara. Area tersebut merupakan daerah yang kaya akan keanekaragaman hayati dan spesies yang terancam seperti macan Sumatra, beruang madu, dan flat-headed cat.

Direktur Konservasi April grup bernama Dr. Petrus Gunarso mengatakan bahwa saat kunjungan dia terakhir kali ke Semenanjung Kampar, dia melihat keanekaragaman hayati yang kaya secara efektif dilindungi dan dipulihkan di lokasi Restorasi Ekosistem Riau (RER). RER adalah program jangka panjang dengan tujuan memulihkan lanskap lahan gambut yang penting secara ekologis di Semenanjung Kampar di Provinsi Riau, Indonesia. Sejak tahun 2013, program telah berkembang dari 20.000 hektar menjadi 150.000 hektar.

Tetapi hal tersebut dikatakan tidak selalu seperti demikian. Hingga pada tahun 2013 tebang pilih telah merusak kawasan hutan Semenanjung Kampar dan ekosistem yang rapuh juga terancam oleh perambahan ilegal dan kebakaran. Oleh karena itu, di bawah ijin ekorestorasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berjangka 60 tahun, Grup APRIL bekerja sama dengan mitra mereka untuk melindungi, mengkaji, memulihkan, lalu kemudian mengelola bentang alam serta bekerja sama dengan masyarakat setempat. Kegiatan ecorestorasi ini termasuk perlindungan yang lebih luas terhadap area hutan yang telah terdegradasi, bekerja sama dengan para partner dalam implementasi. Motivasi dibalik program ini adalah terdapat motivasi lingkungan dan komersial yaitu dengan tindakan tepat untuk bentang alam Semenanjung Kampar yang mana terdapat faedah jangka panjang untuk melindungi kubah gambut Kampar.

Pendekatan Bentang Alam Dilakukan APRIL Pulp Untuk Melindungi Hutan Gambut
Foto : www.aprildialog.com

RER juga memberikan kontribusi pada upaya keberlanjutan dengan mendiversifikasi pasar kerja lokal, memberikan alternatif pada pertanian melalui ekosistem usaha kecil yang tumbuh di sekitar program. Hal ini dapat membantu untuk mengatasi deforestasi, sedangkan jasa lingkungan itu memberikan manfaat air, oksigen dan kekayaan satwa liar. Di sisi lain, Grup APRIL percaya terdapat manfaat bisnis yang kuat untuk konservasi lahan gambut dan restorasi sebagai bagian dari model kehutanan yang berkelanjutan. Yang dimaksud adalah bagian dari lanskap yang ada dan mereka menyesuaikan dengan kondisi bentang alam, daripada mengharapkan lanskap agar sesuai di sekitar bisnis kami. Ini juga berarti bahwa mereka perlu untuk berkolaborasi dengan semua pihak dalam bentang alam dan mengakomodasi semua kepentingan.

Selain itu, RER menitikberatkan kepada kolaborasi dan pendekatan bentang alam yang mengakomodir di berbagai perspetif untuk mencapai keseimbangan antara banyak tujuan mulai dari lingkungan hingga masyarakat sampai ke ekonomi. Dari pendekatan ini diharapkan keberlanjutan kehutanan jangka panjang di Indonesia. Selain itu Petrus percaya RER memberi dampak positif bagi masyarakat, negara, dan perusahaan. Mitra mereka mengakui bahwa RER adalah contoh yang baik atas kolaborasi organisasi sektor publik dan swasta yang bekerja menuju kemitraan dan visi yang kuat. Dan berikut pendekatan bentang alam dilakukan APRIL Pulp untuk melindungi hutan gambut.

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon