5 Makanan Istimewa yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berlibur ke Lombok

5 Makanan Istimewa yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berlibur ke Lombok
Indonesia memang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat menarik untuk dijelajahi. Kini bepergian keliling daerah di Indonesia makin menyenangkan bila kita memiliki asuransi perjalanan. Banyak perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi perjalanan berkualitas dengan premi terjangkau. Beli asuransi perjalanan dengan mudah kini tak lagi jadi sekadar impian. 

Salah satu daerah yang tak boleh terlewatkan saat berlibur keliling Indonesia adalah Lombok. Nanti kita juga wajib mencicipi 5 kuliner istimewa khas Lombok berikut ini :

Ayam Taliwang
Ayam taliwang adalah ayam bakar khas Lombok yang cita rasanya berbeda dengan daerah lain. Bahkan cita rasa ayam taliwang di Lombok jauh lebih lezat dibandingkan dengan yang dijual di tempat lain. Awalnya ayam taliwang adalah sajian dari juru masak Sultan Sumbawa untuk Raja Karangasem. Kini resepnya sangat populer dan menjadi menu istimewa dari tanah Lombok.

Plecing Kangkung
Sajian ayam taliwang kurang lengkap bila tidak didampingi dengan plecing kangkung. Bentuknya mengingatkan kita dengan rujak kangkung khas Jawa Barat. Kangkung yang sudah direbus sebentar disajikan dengan sambal tomat yang pedas dan menggugah selera.

Sate Rembiga
Para penyuka sate sapi harus mencicipi sate rembiga. Karena sate yang satu ini terbuat dari daging sapi dan aneka rempah. Sebelum dibakar, daging sapi direndam dalam campuran bumbu rempah, gula, cabe rawit, dan bawang putih. Aroma daging sapinya tidak menyengat dan tekstur dagingnya sangat empuk.

Nasi Puyung
Variasi nasi yang simpel ini juga sangat digemari di Lombok. Nasi puyung terdiri dari nasi putih yang diberi sajian kacang kedelai goreng, sambal daging, kering kentang, dan sambal. Seperti kebanyakan menu khas Lombok lainnya, sambal pada nasi puyung juga terasa sangat pedas.

Beberuk Terong
Lombok punya variasi lalap berbahan dasar terong dan kacang panjang. Irisan terong dan kacang panjang akan dibumbui dengan sambal tomat agar lebih sedap. Selain itu, tambahan bahan lain berupa irisan bawang merah dan air jeruk nipis juga kerap ditambahkan untuk memperkaya cita rasa.
Menu makanan khas Lombok memang sangat menarik untuk dicicipi, ya. Jadi, luangkan waktu mencoba kelima makanan khas tersebut ketika nanti berkesempatan pergi ke Lombok. Selamat berlibur!

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon