Hemat Selalu Ketika Online Shopping

Hemat Selalu Ketika Online Shopping
Dengan berkembangnya dunia digital di dalam kehidupan kita sehari-hari, trend melakukan online shopping pun menjadi sesuatu yang normal sekarang. Tidak hanya lebih praktis, belanja secara online juga terkadang lebih hemat untuk si pembeli.

Tentu saja, transaksi online memiliki satu masalah umum yaitu faktor keamanan. Keamanan ketika melakukan transaksi online ataupun kepastian kualitas produk dan servis yang akan diperoleh akan selalu menjadi pertanyaan. Oleh sebab itu, pastikan Anda berbelanja di website yang ternama dan telah terbukti aman berdasarkan dari pendapat pengguna website lainnya. 

Dengan jumlah toko online shopping yang terus-terusan bertambah dan berkembang di Indonesia, menghemat di setiap transaksi online merupakan satu cara terbaik dalam membantu keuangan. Berikut beberapa cara mudah untuk hemat ketika melakukan online shopping untuk Anda:

Gunakan Kartu Kredit Cashback/Reward
Di era kini, hampir setiap transaksi yang dilakukan secara online menggunakan metode pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit. Walau tersedia beberapa metode lainnya akan seperti paypal atau direct transfer, tetapi umumnya cara teraman masih melewati kartu kredit. 

Jika Anda belum mengetahuinya, menggunakan kartu kredit yang tepat untuk transaksi online dapat memberikan Anda keuntungan berlipat. Tidak semua kartu kredit memiliki fitur dan keuntungan sama, oleh sebab itu pastikan pilih kartu dengan fitur cashback atau reward tinggi di online shopping. 

Kartu kredit Cash back memberikan Anda potongan lebih di setiap tagihan kartu kredit. Hanya dengan mencapai jumlah tagihan tertentu, potongan dapat diberikan berdasarkan dari persentase total tagihan bulanan. Salah satu contoh kartu kredit yang yang memberikan cashback di online shopping adalah kartu kredit HSBC Platinum Cash back. Kartu ini merupakan promo terbaru dari bank HSBC dan memberikan cash back mencapai 25% untuk transaksi online Anda. Selain transaksi online juga di transaksi di restoran dan supermarket.

Selain cash back, Anda juga dapat memilih kartu kredit dengan reward yang tinggi dari transaksi online seperti kartu kredit BCA. Hampir semua kartu kredit BCA menawarkan Rupiah reward mencapai 15%. Jadi Anda dapat mengumpulkan Rupiah reward dengan cepat. Apakah kegunaan dari Reward ini? Anda dapat menggantikannya ke voucher diskon ataupun hadiah menarik lainnya, jadi Anda tidak perlu membeli barang tersebut; dengan kata lain hemat secara tidak langsung.

Selalu Perhatikan Promosi atau Diskon
Cermat dalam berbelanja, jangan selalu beli saat Anda ingin memilikinya. Terlalu tergesah-gesah ketika berbelanja merupakan langkah yang salah. Pastikan Anda memeriksa promo dari toko online tersebut atau toko lainnya yang memberikan penawaran menarik dengan harga terbaik. Pada umumnya setiap toko online memiliki jadwal promo pada bulan tertentu. Apabila tidak tersedia promo, pastikan Anda membandingkan harga produk tersebut dari beberapa toko online setidaknya. Karena potongan yang diberikan biasanya berbeda-beda. Jadi selalu bandingkan sebelum membeli.

Promo lain yang dapat Anda nikmati adalah pemanfaatan promo kartu kredit. Beberapa kartu kredit juga menawarkan promo di online shopping di periode tertentu. Seperti contohnya promo kartu kredit Mandiri. Bank Mandiri menawarkan promo untuk berbagai transaksi online di website terbesar di Indonesia termasuk: Lazada, Zalora, Blibli, Tokopedia, Agoda, MatahariMall, Airasiago dan bahkan Garuda Indonesia. Jadi dengan memanfaatkan promo yang tersedia di toko online Anda dapat menghemat lebih di setiap transaksi diluar dari fitur kartu kredit.

Hapus Biaya Pengiriman
Online shopping merupakan cara berbelanja terpraktis di zaman sekarang. Anda tidak perlu datang ke toko untuk memeriksa produk, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya di ongkos parkir serta bensin ke toko tersebut. Walaupun demikian, sebagian toko online akan mengenakan ongkos pengiriman dari produk yang Anda pesan. Tetapi sebagian besar dari toko online akan menghapuskan biaya ini apabila Anda berbelanja mencapai jumlah tertentu. 

Jadi apabila Anda ingin mengemat di ongkos pengiriman, maka pastikan Anda berbelanja lebih dari satu barang saja di toko online tersebut. Contohnya, Zalora memberikan pengiriman gratis jika order minimal Rp 300.000. Jadi mungkin Anda dapat mengumpulkan jumlah pembelian barang dari teman yang berminat membeli di Zalora ataupun keluarga Anda. Cara lainnya, pastikan Anda mengumpulkan daftar barang yang ingin Anda beli dan beli secara bersamaan di satu order.

Beli dari Website Terpercaya dan Ternama
Selalu hindari berbelanja dari toko online yang tidak jelas, karena kemungkinan Anda akan ditipu jauh lebih tinggi. Bahaya penipuan online tidak hanya pada fakta Anda tidak bakal mendapatkan barang yang diinginkan, pihak toko penipu bahkan dapat menyalahgunakan informasi dari kartu kredit Anda. Yang kemudian ujung-ujungnya akan mengakibatkan biaya tambahan untuk Anda meng-non-aktifkan kartu kredit tersebut. Maka, lakukanlah penelitian terlebih dahulu terhadap website online tersebut dan periksa pendapat pembeli lainnya. Apakah website itu aman dan terpercaya? 

Salah satu cara lain untuk memeriksa keamanan sebuah website selain dari pendapat pembeli lain, Anda dapat memeriksa apakah website tersebut memiliki link yang dimulai dengan ‘https://’ sebelum memasuki page pembayaran atau pemasukan detail pribadi. Karena untuk mendapatkan URL tersebut, website pembayaran tersebut harus dapat menjamin keamanan dari sistem pembayaran dan informasi kartu kredit pembeli. Pastikan juga icon gembok mucul sebelum URL website. Setelah melakukan transaksi, pastikan Anda menyimpan bukti transaksi atau pembayaran. Lebih baik lagi, jika Anda dapat meng-print bukti tersebut daripada mengirimkannya lewat email.

Ketika berbelanja online, keamanan transaksi merupakan hal terpenting. Tetapi berhemat ketika online shopping juga sama pentingnya. Menggunakan kartu kredit yang tepat akan membuat perbedaan besar di jumlah uang yang Anda hemat dalam jangka panjang.
Latest
Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon