Tentang Firmware, ROM, Dan Kernel di Android

Firmware, ROM, Dan Kernel di Android
Di tahun 2014 ini, Pengguna Smartphone makin membludak, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa hampir semuanya memiliki perangkat pintar tersebut. Secara, harga Smartphone yang kian murah menjadi salah satu faktor menjamurnya user smartphone. 

Sebagian pengguna smartphone tersebut, terutama pengguna Android mulai memberanikan diri untuk mencoba meng-oprek ponselnya. Karena Android memang sebuah smartphone OS open source yang bebas dimodifikasi sesuai kebutuhan usernya. Untuk orang yang terbiasa dengan dunia oprek-oprekan Android mungkin sudah tidak asing dengan istilah Firmware, ROM, Dan Kernel. Namun tidak untuk para new comer yang baru saja memulai pengalamannya dengan OS berlogo robot ijo ini. 

Sore tadi, salah satu followers twitter saya ada yang bertanya tentang istilah-istilah diatas, kebetulan juga udah jadwalnya update blog namun belum nemu materinya. Untuk itu saya akan menjawab pertanyaan tersebut disini. Sekalian berbagi informasi bagi yang masih belum mengerti apa itu Firmware, ROM dan Kernel pada Android.

Firmware

Firmware merupakan Read-only OS yang bersifat tetap dan pengguna tidak memiliki akses untuk memodifikasi data. Modifikasi dari Firmware sebenarnya masih memungkinkan, hanya saja tidak semudah penggunaan normal. Hardware atau software khusus dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut. Jika di Ponsel XPERIA, file firmware adalah file berekstensi *.ftf yang dapat diflash ke ponsel menggunakan software flashtool.

ROM

ROM adalah kepanjangan dari Read-Only Memory, dan secara teknis ROM mengacu pada media penyimpanan dari sebuah perangkat yang mana berisi file dari operating system (OS) yang tidak perlu diubah sama sekali selama pengoperasian normal perangkat tersebut.

Oleh karena itu dari pengertian ROM tersebut, instruksi semacam itu tersimpan di "read-only memory", yang berfungsi lebih seperti non-rewriteable CD atau DVD, untuk memastikan tidak ada perubahan yang dilakukan pada instruksi tersebut karena bisa membuat perangkat tidak berfungsi. Konsep ini berbeda dengan hardisk, solid state drive atau flash storage pada PC yang memungkinkan akses penuh atas kegiatan read/write data, bahkan pada area penyimpanan yang berisi file OS.

Kedua istilah "Firmware" dan "ROM" pada dasarnya mengacu pada hal yang sama dan dapat digunakan bergantian bila diterapkan pada perangkat tertentu. Atau bisa juga begini, ROM dan Firmware adalah tempat dimana operating system yang berjalan di handphone kita di install atau di taruh.

ROM sebagai Operating System
Ketika berbicara mengenai smartphone dan tablet, istilah ROM merujuk ke firmware yang disimpan dalam memori internal gadget, memory internal yang dimaksud ini berbeda dengan memory internal di mana umumnya aplikasi atau data tersimpan. Apabila Anda masih bingung beda kapasitas ROM dan Internal memori pada perangkat Anda, Anda bisa mengambil contoh informasi yang terdapat pada aplikasi Titanium Backup. Di tampilan utama aplikasi Android ini Anda bisa melihat informasi kapasitas dari System ROM, Internal, dan SD card perangkat Anda. 

Ada juga istilah StockROM dan CustomROM, StockROM merupakan ROM Asli / ROM bawaan dari ponsel itu sendiri. Sedangkan CustomROM merupakan ROM yang sudah dimodifikasi isinya sesuai kebutuhan si pembuat CustomROM tersebut. Seperti dijelaskan di atas, untuk merubah ROM membutuhkan prosedur khusus untuk melakukan modifikasi. Prosedur memodifikasi atau mengganti isi data dari memori flash.

Flashing
Memori ROM yang digunakan pada smartphone atau PC tablet umumnya sama seperti memori flash yang ada pada SD card atau USB flashdisk. Hanya saja ROM lebih dioptimalkan dalam hal kecepatan dan performa untuk menjalankan sebuah OS. Flashing pada dasarnya sama dengan menginstal atau memodifikasi Firmware yang tersimpan di protected flash memory dari sebuah perangkat. Flashing OS merupakan suatu cara memasukkan data sistem operasi atau menginstall sistem operasi & kernelnya di dalam handset android kita. hampir sama caranya dengan ketika kita menginstall ulang komputer. Untuk cara flashing firmware xperia bisa dilihat pada Tutorial Flashing Android.

Kernel

Kernel adalah inti yang ada dari sebuah OS yang memang fungsi utamanya adalah penghubung antara hardware dan software atau sebuah aplikasi yang digunakan. Kernel bertugas menangani Driver, Power Management, dll. oleh karena itu Kernel secara tidak langsung berdampak cukup besar dengan performa Smartphone itu sendiri. 
Firmware, ROM, Dan Kernel di Android

kernel juga bisa disebut sebagai jantung dari sistem operasi. operasi-operasi yang dijalankan oleh OS itu diproses oleh kernel. kernel di android juga bisa dimodifikasi. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita cuman dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. Untuk bootloader ponsel XPERIA secara default dalam kondisi terkunci, untuk menginstall CustomROM dan modifikasi kernel diharuskan meng-unlock bootloader terlebih dahulu. Caranya bisa dilihat pada Tutorial unlock bootloader XPERIA.

Perbedaan ROM/Firmware dangan Kernel
Diatas sudah dijelaskan tentang ROM/Firmware dan Kernel. secara singkat bisa saya rangkum seperti ini, ROM/Firmware merupakan internal memory dimana OS android disimpan. Jadi dalam dunia android ROM bisa dikatakan sebagai tempat atau daya tampung dari OS yang saat ini sudah ada banyak versi mulai dari cupcake, donut, eclair, froyo, gingerbread , honeycomb, icecream sandwich, jelly bean dan yang terbaru Kitkat. DI dalamnya terdapat paket program untuk game, sms, tampilan dll. Jadi jika anda ingin merubah interface maka yang diubah adalah ROM nya. Nah sedangkan Kernel sendiri ketika kita sedang berinteraksi dengan aplikasi sebenarnya kita memerintahkan kernel untuk mengontrol hardware tersebut. Kernel juga bisa dimodifikasi sehingga hasilnya maksimal seperti yang dilakukan banyak developer. Yang dioptimalkan misalnya kerja (CPU, memory, audio, grafik dll). Jika anda ingin menginstal kernel biasanya sudah berada dalam satu paket ROM / OS tersebut. sekarang sudah jelas bukan apa sebenarnya yang menjadi perbedaan antara kernel dan ROM pada dunia android.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Firmware, ROM, Dan Kernel di Android. Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang Android dan bisa bermanfaat.


Referensi :
http://portal.paseban.com/news/3178/pengertian-rom
http://gadget-referensi.blogspot.com/2013/03/apa-sih-pengertian-dari-kernel-dan-rom.html
http://kampung-android.blogspot.com/2013/01/custom-rom-root-kernel-dan-flashing-os.html
http://berbagiandroid.blogspot.com/2013/01/galaxy-s2-pengertian-rom-root-kernel.html
Previous
Next Post »

154 komentar

Tulis komentar
23/2/14 08:00 delete

Nice Ter
Sekarang Ane Jadi Ga Bingung Buat Mahamin Nya (Y)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/5/14 20:31 delete

kalau yang mengatur jaringan 2g atau 3g yang mana gan?atau yang mana yang mempunyai peran penting di hp android masalah edge dan hsdpa nya gan,?soalnya saya mau oprek hp sy yg hanya bisa sampai 2g.sedangkan android dengan merek yg lain bisa hsdpa.punya ane andromax c jb.mohon mohon pencerahannya gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
11/5/14 03:53 delete

coba pake cara ini :
- masuk menu telepon, trus pencet kode ini *#*#4636#*#*
http://3.bp.blogspot.com/-LJuOpyVs73o/Umi7h5wfiEI/AAAAAAAAJAQ/X9hRxYJt5sU/s320/device-2013-10-24-201704.png

- Nanti akan muncul menu seperti berikut, pilih pada Phone Information:
http://1.bp.blogspot.com/-wHvWeuk6DNQ/Umi72B8aK2I/AAAAAAAAJAY/AtTg3GePKhY/s320/device-2013-10-24-201709.png

- Lalu "scroll" kebawah, sampai muncul opsi menu seperti ini:
http://2.bp.blogspot.com/-T6rHvbvFflg/Umi8URLVQ-I/AAAAAAAAJAg/vAWFkydPQgU/s320/device-2013-10-24-202029.png

- Lalu tap pada WCDMA preffered:
http://1.bp.blogspot.com/-BWr8ZajXkEg/Umi8yIPGC7I/AAAAAAAAJAo/T1MOkmg5tpQ/s320/device-2013-10-24-202236.png

Nah disana terdapat berbagai macam pilihan :

WCDMA preferred itu menggunakan jaringan GSM dan 3G namun jika ada jaringan 3G maka yang diutamakan adalah WCDMA /3G jika koneksi tidak stabil maka akan sering gonta-ganti sinyal dan inilah salah satu yang menyebabkan penggunaan baterai yang berlebihan sehingga akan menjadi boros.

GSM only hanya menggunakan jaringan 2G termasuk EDGE dan GPRS

WCDMA Only hanya menggunakan jaringan 3G saja.

pilih sesuai kbutuhan aja.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25/6/14 23:48 delete

Sangat membantu, terimakasih banyak :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/7/14 04:08 delete

izin copas gan, sumber saya cantumkan di blog saya http://mlkywy.blogspot.com/2014/07/istilah-istilah-di-android.html

Reply
avatar
SMAUOUTDOOR
AUTHOR
17/7/14 15:46 delete

tq gan infonya.
folback http://perumnas3.blogspot.com/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22/7/14 11:09 delete

mas mito a222 saya mp3.3gp dan cameranya gak bisa dibuka black screen gitu juga kalo makai aplikasi lain...ada solusinya gak....trmks..

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
22/7/14 11:11 delete

kurang tahu kalo mito gan..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/8/14 22:25 delete

mau tanya.kalo tiba2 sinyal hilang terus di atas bar signalnya ada simbol dilarang itu yg bermasalah firmwarenya ya?trus solusinya gimana?makasih sebelumnya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
10/8/14 11:04 delete

gak mesti firmwarenya bro, bisa aja emang kualitas sinyal daerah itu yg jelek, atau hardware signal receiver nya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/8/14 13:51 delete

Gan ane mau tanya..
Hp saya smsung glxy mega 6.3
Jika saya flash dngan firmware smsung galaxy s5 bisa/cocok gak gan??
Mohon jawabanya..
Terimakasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
12/8/14 08:14 delete

gak bisa bro, beda firmware.

Reply
avatar
15/9/14 10:41 delete

Mau nanya gan, lenovo A880 sy gak support USB OTG. Setelah sy gooling, masalahnya di Kernel. Apakah bisa diatasi gan, dgn cara apa?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/9/14 11:38 delete

Emang dr kernelnya gak support bro

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24/9/14 01:53 delete

sangat bermanfaat buat newbie seperti saya
tnk's inf'ny mas HANIV EINZTEIN

Reply
avatar
29/9/14 20:44 delete

Kalau smartphone kadang suka unmount sdcard lalu kemudian ter-mount lg dengan senndirinya, kira2 masalahnya apa ya? Baggaimna memperbaikinya? Mohon bantuannya, terima kasih.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
2/10/14 14:57 delete

coba sdcard lain begitu juga gak? kalo enggak berarti sdcardnya yg bermasalah. tapi kalo dikasi sdcard lain tetep begitu berarti slot sdcard nya yg bermasalah

Reply
avatar
caberawt
AUTHOR
23/10/14 12:55 delete

tanya gen,ini berawal pas saya selesai flasing,jaringan wcdma only ga bisa di gunakan,padahal didaerah saya sudah ad layanan 3g,setiap saya ganti ke jaringan wcdma only kode jaringan di atas hilang dan di silang merah,mohon bantuannya ya gan....

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
23/10/14 21:18 delete

ini HHnya apa gan ?

Reply
avatar
caberawt
AUTHOR
28/10/14 00:32 delete

cross a88 min....

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
29/10/14 08:07 delete

itu di flashnya ke firmware apa? official bukan ?

Reply
avatar
caberawt
AUTHOR
31/10/14 20:49 delete

ga tw min,ane download stokromnya gt aj,ga tw official at bukan...
klo ad Firmware yk bnran ori post ya min,biar ane download,tp jg lupa ama ttorialnya hehe.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/12/14 01:03 delete

Saya ingin bertanya, apakah mungkin slot card cdma pada andromax U2 di ubah menjadi slot gsm dan sudah hsdpa. Karna saya mencoba cara yg diatas, yg untuk andromax C namun tidak ada keluar apa2 setelah diketik kode tsb. Terima ksh.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18/12/14 15:44 delete

ma kasihh ya.., :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24/12/14 20:36 delete

kalo Firmware untuk HP Zuper Z575 OS Kitkat 4.4.2 download dimana ya ?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
26/12/14 09:11 delete

wah, sorry gan.. ane belum tau tentang firmware HP itu.. belum nemu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/1/15 20:00 delete

Bagaimana mengupgrade Xperia L dari jelly bean ke kitkat

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
2/1/15 23:38 delete

install cm11 aja. buat custom rom kitkat buat xperia L

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17/1/15 01:05 delete

Gan saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi hh yg bootlop, dengan type hh samsung galaxy mega 5.8. Sebelum nya saya sudah back up data via twrp. Apakah bisa kita masuk ke recovery langsung restore?? Jika tidak bisa masuk recovery apa yang harus dilakukan.?? Mohon jawabannya.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
17/1/15 11:07 delete

kalo udah backup, langsung restore aja via twrp nya.
nah, kalo gak bisa masuk recovery, install twrp lagi. trus baru direstore.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18/1/15 13:11 delete

gan ane mau tanya kalo firmwarenya di upgrade, data apa aja yang hilang?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
19/1/15 08:52 delete

data user, seperti login,kontak,dll.
sama aplikasi2 yg udah diinstall bakal ilang.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21/1/15 08:30 delete

nice post gan,,,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/2/15 16:24 delete

Bang, seminggu yg lalu Hp saya (Xperia M) restart dengan sendirinya dan masuk ke safemode, setelah itu tombol volume downya gabisa digunain, setelah 3 hari saya baru sadar ternyata Headset juga jadi gabisa connect ke hp saya, itu kenapa ya gan? Ada cara biar safe modenya hilang? Saya sudah baca di inet dann nyobain buat restart dengan pencet Vol up + power biar balik ke mode normal tapi hp nya malah gamau nyala gan. Mohon pencerahan :)

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/2/15 08:22 delete

coba charge dulu, biar baterenya cukup.
abis itu flash ulang.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/2/15 08:23 delete

Terus Gan, jika saya mengflash firmware tapi beda model, contohnya saya D2305 lalu di flash ke D2303 apa bisa? Lalu apa resiko nya?
Jika ada Min minta link Firmware Xperia D2305 untuk yg 4.2.2 single sim saya sudah cari di google ada tapi udah pada dead linknya, terus ada yg bisa di download tapi gak kebaca sama flashtool. Tolong ya Gan 😞😔

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
16/2/15 12:08 delete

XPERIA M2 (D2305,D2305,D2306) sama aja, bisa pake firmware itu.

klo mau download, di sini http://xperiafirmware.com/8-firmware/53-sony-xperia-m2-d2303

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/3/15 14:21 delete

mohon bantuannya Gan. HH ane miro st 23i ICS 4.0.4. Minggu kmarin tuh di update ke jelly bean pake Custom rom cyanigen mod 10. Karna masih belajar ane ga back up dulu Rom bawaannya. Skarang kalo pengen balik lagi ke asal gimana caranya Gan? Makasih sebelumnya Gan.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
9/3/15 08:18 delete

download dulu firmware miro nya trus flash ulang pake flashtool bro

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/3/15 09:45 delete

gan, jika saya ingin menganti firmware samsung galaxy note 4 SM-N910H. Menjadi SM-N910U apakah boleh?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/3/15 23:26 delete

kalau bisa install firmware yg setipe bro

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16/3/15 11:54 delete

Jika dipaksakan apakah boleh min?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
19/3/15 14:38 delete

ya boleh aja sih, tp harus siap kalo ntar terjadi sesuatu diluar perkiraan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24/3/15 12:27 delete

gan saya punya samsung galaxy mini gt s 5570, ane ubah ke jelybean kenapa gak bisa intsal aplikasi. terus ane flashing lagi ke gingerbred malahan lebih parah gak bisa instal semua aplikasi. masalah nya package instaler

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24/3/15 12:29 delete

mohon bantuan dan pencerahannya gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
25/3/15 10:21 delete

masalah gak bisa installnya gimana? coba lebih detail penjelasanya. kasih screenshoot.

atau coba aktifkan "Unknown Source" di setting > security

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25/3/15 19:03 delete

jadi gini gan masalah pada installnya error menganalisa data paket

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
26/3/15 15:04 delete

install semua aplikasi begitu ? errornya sama semua? atau gimana?
coba kasi screenshot -_-

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
16/4/15 17:18 delete

Mas saya mau flashing xperia saya setelah saya instal flastoolnya kemudian kan muncul suruh instal drivernya di c/fkashtool/driver. Sudah saya lakukan semua dan finish dng kata lain flashtool siap digunakan.
Tapi setelah start dan buka flastool yang terinstal jreng jreng muncul peringatan saya disuruh meginstal driver nya lagi, bahkan sudah berkali kali saya uninstal dan instal lagi tetap spt itu.
Pencerahanya mas saya pakai windows7 64bit.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
17/4/15 13:53 delete

coba install flashtool terbaru

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27/4/15 05:21 delete

Maaf ganggu nih gan ane mau nanya ane punya hp samsung grand neo gt-i9060 ane cari custom rom yang kitket ada gak gan ane udah cari cari di tempat XDA susah sampe pusing muter mute maklum gan ane masih newbie , ane juga gak bisa bahasa inggris jadi susah mahamin nya hehe kalo agan tau mohon pencerahannya gan please. Kalao agan mau ngirim ke email juga bisa gan email ane muhammadmurjani25@gmail.com terimakasih gan waktunya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13/5/15 04:38 delete

Gan ane mau nanya lagi gimana cara mengatasi suara telpon yg gak ada sama aplikasi play store dll yang tidak berfungsi atau tidak bisa dibuka di cm 11 mohon bantuannya gan makasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
13/5/15 15:29 delete

contohnya gimana gan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17/5/15 15:22 delete

Contohnya kalo saya memanggil/menelpon hp saya yang pake cm 11 suara telpon nya gak kedengeran sama sekali spiker telponnya juga gak ada suara gan. Apa lagi kalo orang lain yang telpon sama gak kedengeran juga gan.
kalo masalah aplikasi play store saya udah dapat mengatasinya gan baru browsing2 akhirnya ketemu sama gapps.
yang jadi masalah sekarang cuman spiker telpon sama suara telpon yang gak da suarannya atau gak berfungsi, sama satu lagi gan kamera gak berfungsi ketika dbuka tulisannya 'sayangnya aplikasi telah berhenti' gimana cara mengatasi itu gan? Mohon bantuannya:'(
kalo misalkan gak bisa diperbaiki costum rom yang lain ada gak gan misalkan kaya: paranoid, pac man, lolipop, dll asalkan kitket gan.
sekali lagi makasih gan udah mau bantu maaf ngerepotin

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
18/5/15 14:54 delete

itu berarti memang bugs dari ROM tersebut. coba install rom lain aja.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22/5/15 20:46 delete

Rom yang bagusnya buat samsung galaxy grand neo apa ya gan? tapi yang kitket misalkan kaya pac man paranoid kalo ada link nya bagiin ya gan mohon bantuannya.
maaf ganggu gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
23/5/15 10:57 delete

Ane bukan pengguna grand neo gan, jd kurang tau juga rom apa yg bagus, bagus engga nya rom itu relatif, tergantung yg make. mungkin bisa di search custom rom kitkat yg cocok buat GNeo agan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23/5/15 18:02 delete

oke gan makasih bantuannya makasih juga udah jawab pertanyaan ane hehe
salam kenal gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24/5/15 18:24 delete

gan kalau xperia mt25i di downgrade ke GingerBread bisa nggak.masalahnya sudah saya flash ulang dengan firmware aslinya ICS.tetap lemot.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
25/5/15 14:00 delete

untuk yg gingerbread kayanya susah. coba aja bberapa firmware ini
SONY XPERIA NEO L MT25i STOCK FIRMWARE FTF FILE

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31/5/15 07:02 delete

Gan, gmn cy cara roo asus zenfone 5 t00f? sya sdh cba tp g bsa". tlong bantuannya yach gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14/7/15 08:35 delete

Gan, kan saya pake Handphone galaxy grand prime G530H terus saya mau flash pake firmware mod. Yang cocok pake apa ya? Soalnya saya udah nyari2 tapi ga ketemu. Mohon bantuannya gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/7/15 14:50 delete

gan saya mau nanya, hp saya kan boot loop terus mau di flash. kalo semisal saya download firmware yang kode negaranya beda sama firmware hp saya ngaruh di apanya? ntar jadi nggak nerima sinyal gitu apa gimana?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
16/7/15 01:51 delete

sepertinya memang belum ada developer yang porting cutom rom untuk device itu gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
16/7/15 01:52 delete

ga masalah kok gan, bisa aja

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20/7/15 00:04 delete

Bg saya mau nanya klau udh upgrade dri kit kat ke lolipop data memori internal hilang gak bg ?
Saya mkai zenfone 5

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
23/7/15 13:50 delete

engga hilang kok, data masi ada.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20/8/15 16:38 delete

sony xperia m yang Pas dinyalain, muncul deh tulisan "type password to decrypt storage.mohon bantuannya bang

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
21/8/15 10:10 delete

Di flash ulang aja gan, pake flashtool

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27/8/15 03:58 delete

gan maaf klo download firmware samsung grand neo i9060 dmn ya ko sy ngubek2 google pda gk bsa d download smua mngkin agan pnya alternatif link ..trima kasih jka pnya agan bsa kirim link nya ke 085723250116 sya kasih imbalan d utamkn firmware indonesia trima kasih mhn maaf apbla kta2 sya kurang sopan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
28/8/15 08:57 delete

Download firmware samsung grand neo i9060
mirror 1
mirror 2

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/10/15 12:34 delete

maf gan mo tnya hp ane merk ephone e6l ane flash pake cros a7t malah matot gan gmna ya?soalnya ane download rom aslinya ga ada thank

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/10/15 12:56 delete

maf gan mo tnya hp ane merk ephone e6l ane flash pake cros a7s malah matot gan gmna ya?soalnya ane download rom aslinya ga ada thank kl ada yg tau link downloadnya ksh tau ya. ni email ane umairherbal@gmail.com thank to admin

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
11/10/15 13:53 delete

nah itu masalahnya gan, romnya gak sesuai, bisa jadi itu yang bikin matot.
belom pernah pegang ephone juga ane, belom tau cara unbricknya. coba bawa ke service centernya aja gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/11/15 09:50 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
4/11/15 08:25 delete

firmwarenya harus se-type gan, jangan pake firmware type lain. nanti malah error

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/11/15 10:13 delete

craa download flash tool gmna?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/11/15 10:14 delete

hp saya ada tulisan type password to decrypt storage
mohon bantuannya yaaa

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
13/11/15 08:30 delete

caranya tinggal klik link download aja,
Download Flashtool

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
13/11/15 08:31 delete

factory reset aja coba, atau kalau engga langsung aja di flash

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/11/15 02:38 delete

tolong dibantu gan , ane baru ketipu abis barter hape sama orang diforum , hapenya cross a22 , tiap dipake selalu muncul MobileOcr telah berhenti , dan setiap aplikasi yang udah diapus selalu ada lagi setelah hape direstart .

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
17/11/15 09:46 delete

Coba di factory reset aja gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26/11/15 00:34 delete

Gan tau ga cara ganti hardware android nih saya punya tab lenov a3300 gv support jaringan edge bikin lemot bisa ga diubah jadi 3g hsdpa/4g lte makasih tolong ya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
26/11/15 08:24 delete

ga ngerti gan, kalo hardware. drpd ribet ganti hardware yg belum tentu bisa.
mending langsung beli device yang 3g/4g aja langsung.

Reply
avatar
Abdul Ghofur
AUTHOR
12/12/15 09:54 delete

izin gan, numpang tanya, saya punya hp lg optimus LII E450 yg bootloop.. saya sudah pernah flashing pake kdz tp handphonnya gak ke detect terus.. apa masalahnya gan kira2 ? mohon pencerahannya. nuhun.

dreamerxf@gmail.com

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
12/12/15 16:00 delete

mungkin driver usbnya belum diinstall, coba diinstall dulu gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15/12/15 15:19 delete

Gan mau nanya hape ane samsung j1 kalo mau make firmware samsung j1 ace lolipop bisa/cocok gak gan? Trims

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/12/15 15:49 delete

harus yang sesuai gan, kalo gak sesuai ntar malah ngebrick.
kalo mau lilipop, install custom rom aja. CM12. tp tetep harus yang CM12 buat samsung J1.

Reply
avatar
beevita97
AUTHOR
1/1/16 18:22 delete

Gan mau tanya hpku merk advan t1g plus kamera depannya gabisa padahal yg belakang bisa kalo pake kamera depan pasti force close habis itu kamera gabisa udah hapus data dan paksa berhenti tapi tetep aja gabisa itu kenapa ya gan?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
5/1/16 09:27 delete

coba direset factory gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23/1/16 16:36 delete

gan, hp samsung s3 mini sy ngga bisa nyala lagi..itu gimana ya? apa perlu flashing?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
25/1/16 13:49 delete

gak bisa nyala gimana gan?
kalo dipencet tombol power masi ada getar atau engga?

Reply
avatar
Ucrit
AUTHOR
9/2/16 14:00 delete

Om kalo misal hardware sama tpi beda merek hpnya. Seperti lenovo a859 dengan sony experia e4 itu data hardware sama om. Pertanyaan saya apa bisa om jika stok rom nya SE d instal ke LV om.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
10/2/16 14:34 delete

belom pernah eksperimen juga sih. bisa apa engga nya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24/5/16 00:40 delete

gan,saya instal rom elegance untuk galaxy young saya, semua persyaratan sudah dipenuhi tapi kok tidak terjadi perubahan ya?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
26/5/16 10:42 delete

sebelum install rom, udah di wipe data dan wipe chache belum ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/7/16 08:42 delete

Gan kalau ada link device samsung grand neo gt-i9060 untuk 4g, saya udah cari sana sini nda ketemu tolong gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19/7/16 17:59 delete

gan mau tanya, kan hh saya coba colok usb ke laptop dan debugging usb nya diaktifkan terus sekaligus hotspot portablenya diaktifkan dan datanya juga. nah setelah itu tiba-tiba hh saya gak bisa membuka setelan dan coba dimatikan terus dinyalakan lagi tapi cuma mentok nyampe wallpaper bergerak, bagaimana cara memperbaikinya gan ? apakah harus di flash ulang ? kalau di flash bagaimana cara mengetahui tipe firmware atau stock roms nya gan ? mohon penjelasannya, hh saya sony xperia m2 single d2303.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
20/7/16 16:21 delete

di flash pake flashtool gan, trus download firmwarenya disini :
Sony XPERIA M2 D2303 - Android 5.1.1 - firmware 18.6.A.0.182

Reply
avatar
boedkoer
AUTHOR
1/8/16 03:14 delete

gan tolong dong link download StockROM samsung galaxy Tab A ( SM-T357T )terima kasih atas bantuannya

Reply
avatar
boedkoer
AUTHOR
5/8/16 02:14 delete

saya sudah ke alamat link diatas, tapi tidak ada download Stockrom nya, yang ada hanya download manual (pdf), ada ling lain gak gan? terima kasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/8/16 19:52 delete

sangat bagus gan, oia gan mau tanya klo Lenovo A859 apakah ada stock ROM yang Kitkat Atau Lollipop? soalnya ane googling ga nemu"... Term sebelumnya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
8/8/16 16:23 delete

Belum saya cari lagi gan, lumayan susah juga nyari fimware type handphone itu.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/8/16 08:23 delete

gan, sorry nih mau nanya.
kemarin ane di minta perbaikin asus zenfone c z007 yang sinyal hpnya hilang cuma saat paket data diaktifkan..klo g diaktifkan paket datanya sinyal normal malah full...udah ane coba flash ulang..udah kembali kayak dari baru beli cuman sinyalnya masih error...
ada saran cara perbaikiannya g gan???

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
10/8/16 10:04 delete

wah kalo diflash masih sama aja, kemungkinan hardwarenya gan.
coba bawa ke service center aja.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13/8/16 19:33 delete

gan punya rom konka w990 gan masalahnya layarnya kebalik sendiri

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/8/16 09:29 delete

Belom punya gan, untuk yg ROM Konka w990

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
28/9/16 12:33 delete

Gan mau nanya, sy punya s6 edge seri SM-G925T versi Amerika dan kalo sy flash dengan firmware seri SM-G925F untuk region indonesia apa bisa gan, Mohon penjelasannya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
30/9/16 15:08 delete

kalo bisa yang setipe gan, SM-G925T. beda region gak masalah asal typenya sama.

Reply
avatar
Arcker
AUTHOR
5/11/16 02:35 delete

mas, untuk mengoprek kualitas sound direktori system pada custom rom mediatek mt6752 pada bagian folder mana-mana aja ya mas? please pencerahannya mas...
hh saya lenovo p70-a lollipop 5.1

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/11/16 09:18 delete

Halo gan, untuk oprek kualitas sound saya tidak begitu mengerti. dan sekarang juga sudah jarang oprek android lagi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19/11/16 16:34 delete

Mau nanya gan.
Kalo instal firmware bawaan di odin.. Custom rom unoficial nya kehapus gak ??
sekarang saya pake custom rom unoficial.. Pengen balik lagi ke custom original.
Masalah nya; sistem data nya lupa ke backup... Terus ke format.
Tolong info nya gan.. Ane newbi
Thank

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
28/11/16 08:35 delete

siapin customrom nya aja bro, trus install pake odin.

Reply
avatar
Aldy O'Neil
AUTHOR
6/12/16 08:53 delete

Gan sorry mau tanya..

Hape saya Sony Z3 Docomo, Sebelum saya flash pakai global internal terbaca normal 32Gb setelah flash menjadi 16GB,

Kalau saya balikin lagi gimana ya?

Terus apakah bakal kekunci lagi sinyalnya?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
20/12/16 10:43 delete

wah, saya belum pernah nyoba gan. jadi belum tau juga bisa atau engga nya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21/12/16 21:34 delete

gan..mau tanyak ni..kalau firmware xperia c4 bisa ga ya d install di xperia c5..?mohon pncerahannya ..soalnya lgi bootloop hapenya..thanks

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22/12/16 08:44 delete

min mau tanya... cara downgrade andromax a gimana ya???
minta link sama tutornya donk min..
makasih

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
23/12/16 15:03 delete

kalau beda type gitu gak bisa gan, firmwarenya harus yg setype. dowload firmware yang sesuai type xperia nya aja.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30/1/17 10:08 delete

Firmware ........WCAF maksudnya apa ya gan...kok gak kebaca di saat flasing gan?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
30/1/17 14:01 delete

Kalo Sony firmwarenya .ftf gan.
yang dimaksud gak kebaca, pas ngeflash hape apa ya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30/1/17 17:17 delete

min tolong bantuan nya kalau saya mau flash samsung j2 sm 200g tapi pake firmwere sm 210f apa gak papa min. mohon bantan nya?

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
2/2/17 14:01 delete

biar aman, firmwarenya disesuaikan sama type hapenya gan,

Reply
avatar
JBK WARE
AUTHOR
26/3/17 14:57 delete

perihal kernel mod :
dan apakah sudah bisa di pastikan jika menggunakan kernel yg clock speednya melebihi batas standar hp apakah bisa menyebabkan emmc jebol?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31/3/17 23:56 delete

Gan masalah ente sama kaya masalah ane gimana gan udah ketemu solusinya

Reply
avatar
10/4/17 17:34 delete

Gan , mau tanya .
Hp saya bootloop , setelah di flash rom baru . restart sendiri.
Trus gabisa masuk mi recovery

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
15/4/17 20:06 delete

Xiaominya type apa gan ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29/5/17 23:59 delete

Mohon maaf gan. Mw tanya hp saya asus zenfone c Z007 itu masalahnya imeinya ilang trus jadi gak bisa baca kartu SIM. Kira2 gmana cara perbaikinya ya gan. Mohon pencerahannya. trimakasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/7/17 07:26 delete

anu ni hp bisa tak bisa diotak atik kernelnya bagaimana cara rubah kernel bukannya kernel itu perangkat keras jadi enda bisa diubah?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/7/17 07:31 delete

emang kalau nda sama bisa bootloop kah?

Reply
avatar
firdi
AUTHOR
11/7/17 18:32 delete

Gan mau tanya, saya hp saya kan g925t cuma bisa jaringan edge buat internetan, apa mungkin karna itu frimware usa jdi gak suport di indo
Trus apa bisa saya pondah frimware le g925F?
Trimakasih sblm nya

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/7/17 15:10 delete

bisa gan, kadang kalo gak cocok malah bikin bootloop

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/7/17 15:11 delete

gak bisa dipastikan juga gan kalo belom dicoba.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/7/17 15:11 delete

kernel bukan perangkat keras gan.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
14/7/17 15:12 delete

g925t itu merk apa gan ?

Reply
avatar
20/7/17 22:09 delete

bagaimana mengembalikan versi karnel xiomi ke semula gan

Reply
avatar
20/7/17 22:11 delete

kenapa setelah buka versi karnel keyboard hp saya rusak gan. tolong bntuan nya gan

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
4/8/17 09:54 delete

flash ulang aja om, ke firmware originalnya.

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
4/8/17 09:54 delete

rusak bagaimana om?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/8/17 22:07 delete

itu samsung gan sama pertanyaanya sama saya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/8/17 22:09 delete

samsung s6 edge

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/8/17 22:11 delete

samsung s6 edge firmware sm-g925w8 apa bisa di instal dengan model sm-g925f??

Reply
avatar
abcdefghaniv
AUTHOR
8/8/17 02:47 delete

baiknya diinstall sesuai typenya gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1/12/17 04:37 delete

mau nanya gan, saya punya samsung s7 G930a trus rencana mau saya flash ke firmware G930FD (indonesia), kira2 bisa gak ya?? terima kasih mohon dijawab ya gan :)

Reply
avatar
Saxty
AUTHOR
16/6/18 16:51 delete

Kerja kernel kaya mandor ya... Penghubung majikan dg bawahan..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/8/18 23:52 delete

saya baru sekali ini mo coba upgrade, kalau xperia z5 lolipop nomor firmware 32.0.A.4.11 akan diupgrade ke marshallow apakah nomor firmwarenya harus sama dengan lolipop itu? atau yang penting diupgrade dengan marshallow yang didukung oleh Z5? trimakasih.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
28/2/19 11:43 delete

Gan kalo custom rom, apa perlu pasang kernel nya juga?

Reply
avatar
Deniel Alex
AUTHOR
26/2/22 14:57 delete

I can't believe I've never been to this site before, but after going through some of the posts I realized it's new to me. Anyhow, I'm glad I found it and I'll be bookmarking and checking back often. After submitting the form and applying for the India visa online, you can pay the Indian visa fees online.

Reply
avatar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon