5 Aplikasi Interaktif Untuk Belajar Astronomi

5 Aplikasi Interaktif  Untuk Belajar Astronomi
Wah, lama juga gak nulis di blog ini. Maklum jadi kuli emang selalu sibuk. Kemaren ada temen yang nanya, "Pernah tau lab virtual ga?". Saya masih bingung dengan pertanyaan tersebut, sampai dia memberi contoh. Owh ternyata yang dimaksud adalah aplikasi pembelajaran yang seolah-olah kita mempunyai labolatorium sendiri untuk melakukan pembelajaran. Misalnya adalah aplikasi astronomi untuk mempelajari Sistem Tata surya. Setelah browsing-browsing sebentar, saya mendapatkan beberapa aplikasi yang menurut saya cukup menarik untuk digunakan sebagai alat pembelajaran. Saya kira aplikasi-aplikasi seperti ini sangat disarankan untuk dibagi. Siapa tau anda juga sedang mencari aplikasi ini. Untuk itu saya akan berbagi informasi beberapa aplikasi interaktif untuk belajar astronomi.

1. Eyes of the Solar System
Eyes of the Solar System
Aplikasi bernama "Eyes of the Solar System" ini, akan mengajak kita untuk menjelajahi seluruh tata surya sekaligus menjajaki misi NASA. Karena aplikasi ini berbasis web, jadi siapa pun bisa mengaksesnya secara gratis dari komputer kita. 

Jadi dengan menggerakkan mouse dan keyboard di komputer, kita bisa bergerak bebas keseluruh penjuru tata surya karena model planet, satelit, asteroid dan benda antariksa yang tampil menggunakan mesin game unity. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini gampang banget, kita cukup mengunduh plug in yang tersedia saat membuka link-nya. 

Setelah mengunduhnya, dijamin kita bakal merasakan pengalaman misi NASA secara nyata, sekaligus melihat apa pun yang wahana antariksa lihat.  Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa mengajak kita menjelajahi waktu hanya dengan mengatur playback-nya saja. Misalnya, kita ingin tahu tentang misi wahana antariksa Juno yang diluncurkan pada 5 Agustus 2011. kita cukup mengatur kecepatan di fitur playback-nya. Jadi selain menjelajah ruang angkasa, kita juga bisa nambah pengetahuan deh tentang misi NASA. 

Nah, supaya lebih jelasnya langsung saja mengunduh plug-in di sini Eyes of the Solar System

2. Stellarium

Dengan software ini kita dapat melihat planet, satelit, asteroid dan bermacam benda luar angkasa lainnya.selain itu kita bisa melihat rasi bintang dan mensetting tempat dimana kita berada.disamping itu kita dapat melihat dalam mode siang dan malam serta jarak maupun sudutnya secara detail.

Stellarium


3. AstroGrav
AstroGrav
AstroGrav merupakan progam edukasi untuk mempelajari susunan dan kejadian-kejadian yang sering ditemukan di dalam tata surya. Melalui program ini, Anda bisa mensimulasikan sistem astronomi yang ada di tata surya.

Tampilannya memang seperti program keluaran tahun 2000-an. Namun, opsi yang ditawarkan cukup banyak. Anda bisa mempelajari konsep dasar astronomi, seperti energi dan momentum. Selain itu, Anda juga bisa lebih mengenal sistem gravitasi, hukum Kepler, hingga pergerakan setiap planet yang ada di tata surya.

Semuanya bisa disimulasikan dalam mode 3D sehingga gambaran aslinya bisa Anda dapatkan. Dengan program ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi detail dari setiap objek yang ada di alam semesta, seperti luas planet, dimensi, hingga massanya. Untuk mempelajari program ini, Anda bisa melihat tutorialnya terlebih dahulu.


4. Jelajah Antariksa V.2 
Jelajah Antariksa V.2
Jelajah Antariksa V.2 merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang mampu menampilkan model Tata Surya dengan format gambar 3D.

Materi yang disajikan dalam aplikasi ini adalah Galaxy, Sistem Tata Surya dan Planet beserta susunan dan jarak antar sesama planet tersebut. Dengan bantuan Audio-Visual yang tampilannya sudah menyesuaikan orbit dan kemiringan serta sistem rotasi planet itu sendiri.




5. Pocket Planets
Pocket PlanetsUntuk pengguna Android. Anda bisa juga belajar tentang antariksa dimanapun anda berada dengan aplikasi bernama Pocket Planets. Bermodalkan smartphone, semua planet, satelit, dan asteroid divisualisasikan dengan baik. Seiring dengan perkembangan kemampuan grafis smartphone, obyek-obyek 3D makin mantap dilihat termasuk animasinya yang semakin halus dan detail. Bahkan ada yang mengintegrasikan dengan sensor-sensor yang ada di smartphone untuk membuat aplikasinya lebih dinamis, misalnya kita bisa mengarahkan kamera smartphone ke langit dan mendeteksi bintang atau planet apa yang ada di depan kamera.

aplikasi penjelajah luar angkasa ini cukup baik memvisualisasikan galaksi Bimasakti lengkap dengan asteroid dan satelit masing-masing planet. Tapi ini bukan aplikasi yang bisa mendeteksi lokasi planet-planet hanya dengan mengarahkan kamera ke langit lho, aplikasi ini cuma menvisualisasikan bentuk, letak, dan susunan benda-benda antariksa di Galaksi Bimasakti dengan perbandingan ukuran yang akurat.



Demikianlah aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk mempelajari astronomi dengan mudah dan menarik. Jika anda punya saran aplikasi lainnya, silakan untuk menambahkan. Mari kita berdiskusi disini.
Title: 5 Aplikasi Interaktif Untuk Belajar Astronomi
Posted by:Haniv Einztein
Published :2014-02-27T14:32:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 31337 Reviews
5 Aplikasi Interaktif Untuk Belajar Astronomi

Published :

By Haniv Einztein
Pure and Simple. Ditakdirkan sebagai cowok ganteng, normal berkelakuan baik, saya dibesarkan, dirawat, dididik, dipelihara, dikembangkan, dilestarikan dan dibudidayakan ditengah keluarga dengan tingkat perekonomian menengah kesamping. Tinggal di Reo, Chuuk, Micronesia

2 komentar

wah, mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya

salam
http://indexiapk.blogspot.com

Reply

wah, keren... :)
dulu tahunya cuma stellarium, ternyata ada banyak, mantap...

Reply

Poskan Komentar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF. jika ditemukan, akan saya hapus.