Hal-hal Serba Pertama di Internet

Hal-hal Serba Pertama di Internet

Semua hal di dunia ini pasti ada yang menjadi yang pertama. Misal, manusia pertama : Nabi Adam AS (Dalam agama Islam). Tak terkecuali di jaman yang modern ini. sudah tak asing lagi yang namanya Dunia Maya atau dunia internet. Lalu apa sajakah Hal-hal Serba Pertama di Internet? mari kita simak ulasan nya dibawah ini : 

1. Website pertama
Situs web pertama yang muncul di dunia maya sekaligus menandai dimulainya era World Wide Web alias ‘www’ dibuat oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee pada 6 Agustus 1991. Beliau saat itu mengorbitkan http://nxoc01.cern.ch sebagai situs pertama dan kemudian diikuti dengan http://nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/...heProject.html yang menjadi halaman web pertama. Sayangnya situs ini sudah mati namun anda masih dapat melihat salinannya di sini. Nah, selanjutnya untuk menampilkan situs web tadi, beliau menggunakan komputer NeXTcube sebagai server web yang menjadikan komputer seharga USD 6.500 itu sebagai server web pertama di dunia. Tahun 1994, Sir Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology dan sampai sekarang masih menjabat sebagai ketua. Sumbangsih beliau dalam dunia maya sangat besar karena World Wide Web yang merupakan hasil karyanya tidak dipatenkan sehingga sampai saat ini kita masih bisa menggunakan secara bebas. Atas jasa-jasanya itu, Sir Tim Berners-Lee dianugerahi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II pada 16 Juli 2004. Menariknya, link yang ada di halaman tersebut juga ternyata masih aktif dan bisa diakses dengan baik. Untuk melihat halaman web pertama yang ada di dunia, Anda dapat melihatnya di sini.

Situs Web Pertama di Indonesia
Di Indonesia sendiri tidak ada informasi akurat tentang siapa yang pertama kali membuat situs web. Yang jelas, internet baru mulai dikenal luas di negeri kita pada tahun 1994 dan saat itu beberapa situs web yang dibuat oleh orang Indonesia hanya menumpang hosting di beberapa universitas luar negeri karena status mereka yang sedang menuntut ilmu di sana. Setelah tamat dan pulang ke Indonesia, tentu saja situs-situs yang dibuat tersebut sudah tidak bisa diakses lagi karena sudah dihapus oleh universitas pemilik hosting. Satu-satunya yang mungkin tersisa adalah situsnya pak Budi Rahardjo: http://indonesia.elga.net.id yang mengklaim sebagai situs web pertama yang menyajikan informasi tentang Indonesia. Menurut pak Budi Rahardjo, situs webnya sudah ada sebelum browser Netscape ditemukan pada 1994 dan saat itu masih menumpang hosting di Universitas Manitoba, Kanada sehingga beralamat http://www.umanitoba.ca/indonesian.


2. Gambar pertama di internetSetelah website pertama muncul, maka selanjutnya ada gambar pertama yang hadir di internet. Gambar ini diposting pada tahun 1992 atau sekitar 20 tahun yang lalu. Gambar ini berisi anggota sebuah band parody yang bernama The Horribles Cernettes. Sayangnya, gambar yang pertama kali muncul di internet ini sangatlah buruk dalam hal pengeditan sehingga mungkin akan ditertawakan oleh para ahli Photoshop di jaman sekarang ini.

3. Email Pertama
Email pertama yang dikirim antara dua komputer ternyata lebih tua ketimbang website ataupun gambar. Email pertama dikirim pada tahun 1971 oleh Ray Tomlinson yang merupakan seorang staff di ARPANET. Walaupun tidak ada yang mengetahui apa isi dari email pertama tersebut, namun Ray Tomlinson mengatakan bahwa email tersebut hanyalah email ujicoba yang berisi tulisan “QWERTYUIOP”.


4. Domain 'Pertama' di dunia
DNS (Domain Name Server/Service) atau yang sering disebut ‘Domain’ saja berfungsi untuk mempermudah pengguna internet saat melakukan akses ke server untuk menerjemahkan IP address komputer. Domain pertama kali dibuat pada tahun 1984 yang terdiri dari domain top level seperti [dot]COM, .ORG, .EDU, .GOV, .MIL dan ccTLD.

-Tanggal 15 Maret 1985, domain komersial pertama (.com) didaftarkan atas nama Symbolics.com oleh perusahaan komputer Symbolics Inc., menyusul kemudian 5 domain berikut: bbn.com (24 April 1985), think.com (24 Mei 1985), mcc.com (11 Juli 1985) dec.com, (30 September 1985) northrop.com (7 November 1985) Bulan April 1985, domain yang diperuntukkan bagi institusi pendidikan [.edu] pertama kali terdaftar atas nama cmu.edu, purdue.edu, rice.edu and ucla.edu

-Juni 1985, domain yang diperuntukkan bagi institusi pemerintahan [.gov] pertama kali terdaftar atas nama css.gov

-Juli 1985, domain yang diperuntukkan bagi organisasi [.org] pertama kali terdaftar atas nama mitre.org

-Hingga Juni 2010, menurut statistik Domaintools tercatat ada 119.928.149 domain aktif dan 87.818.851 di antaranya adalah domain [.com]

-Nama domain terpanjang (63 karakter huruf) dimiliki oleh tiga domain berikut ini:http://www.thelongestlistofthelonges...atlonglast.com http://iamtheproudownerofthelongestl...chuchaf.org.uk

-Domain terpendek (1 karakter) dimiliki oleh beberapa perusahaan terkemuka dunia, namun yang paling terkenal adalah domain milik google: g.cn


5. Search Engine 'Pertama' di dunia
Jauh sebelum Google merajai dunia search engine (mesin pencari), langkah mereka sudah dirintis oleh Alan Emtage yang saat itu masih berstatus mahasiswa di McGill University, Kanada. Tahun 1990, dia membuat search engine pertama di dunia dengan kemampuan masih terbatas yang diberi nama “Archie” (diambil dari kata archives). Archie kemudian diikuti oleh “Veronica”, “Jughead” dan “Wandex” pada 1993. Para pemain besar baru muncul beberapa tahun kemudian; Google (1998), Yahoo! Search (2004), dan MSN (2005; dilebur menjadi Bing pada 2009).

6. Instant Messengger 'Pertama' di dunia.
Tanggal 22 April 1993, Marc Andreessen melalui proyek National Center for Supercomputing Applications (NCSA) merilis browser yang lebih canggih: Mosaic. Karena fiturnya yang ‘user friendly’ dan sudah bisa memuat gambar, Mosaic menjadi populer dan sering dianggap sebagai ‘browser pertama yang sebenarnya’. Tahun 1994, Marc Andreessen keluar dari proyek NCSA dan merilis browser Netscape Navigator. Netscape kemudian berhasil menenggelamkan Mosaic dan menjadi penguasa browser. Setahun berikutnya muncul pesaing berat: Internet Explorer produksi Microsoft. Persaingan Netscape dan Internet Explorer (IE) di periode 1995-1998 dikenal sebagai “Perang Browser”. IE yang menjadi pemenang perang browser sampai saat ini masih menguasai pasar browser dengan statistik jumlah pengguna sekitar 60% dibayangi oleh Firefox 24% dan Chrome 7%.

7. Blog 'Pertama' di dunia
Fitur chating-chatingan (instant mesengger) sebenarnya sudah ada saat internet mulai dikenal pada 1969, namun yang diakui sebagai program instant mesengger pertama adalah ICQ hasil karya Yair Goldfinger, Arik Vardi, Sefi Vigiser, dan Amnon Amir yang dirilis pada November 1996. Yahoo! Mesengger baru muncul pada 1998 dan sampai saat ini masih menguasai pasar instant mesengger.

8. Social Networking 'Pertama' di dunia.
“Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda”. Begitulah kira-kira definisi social networking menurut Mark Zuckerberg. Namun, Zuckerberg bukanlah yang pertama karena konsep serupa sudah diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang menjadikannya sebagai situs social networking pertama di dunia. Tahun 1997, SixDegrees.com hadir menyempurnakan fitur-fitur Classmates.com dan menginspirasi munculnya sejumlah social networking terkemuka seperti Friendster (2002), MySpace (2003), Facebook (2004) dan Twitter (2006).

9. Internet Hoax 'Pertama' di dunia
Hoax atau berita palsu hampir tiap hari akan kita dapatkan di internet. Bahkan setiap tanggal 1 April bisa dipastikan kita akan menerima hoax berkaitan dengan iven April Mop. Kebetulan pula, hoax pertama kali beredar di internet pada 1 April 1984 yang mengabarkan bahwa (ex negara) Uni Soviet akan bergabung dalam jaringan Usenet di AS.

10. Video YouTube Pertama
Video Youtube pertama yang diunggah adalah sebuah video berdurasi 18 detik. Video itu berisi tentang pendiri YouTube yaitu Jawed Karim yang sedang berjalan-jalan di depan kandang gajah di kebun binatang San Diego. Video tersebut diupload pada tanggal 23 April 2005 dan diberi judul “Me at the Zoo”. Video ini kemudian menandai sebuah perubahan besar dalam hal video streaming di dunia internet. Pasalnya, hanya berselang satu setengah tahun setelah peluncuran video tersebut, YouTube kemudian dibeli oleh Google dengan harga sekitar 1,65 milyar dollar. Inilah video pertama YouTube tersebut.
Me at the zoo


11. Tweet Pertama di Twitter
“Just setting up my twttr” merupakan kalimat pertama yang ada di situs microblogging Twitter. Tweet tersebut dibuat oleh salah satu pendiri Twitter yang bernama Jack Dorsey pada tanggal 21 maret tahun 2006. Tweet tersebut tidak ditulis secara langsung oleh Jack Dorsey karena itu merupakan tweet otomatis dari sistem Twitter. Pada saat itu, situs microblogging tersebut juga masih bernama twttr dan kemudian diubah beberapa saat kemudian menjadi Twitter.


12. Barang pertama yang dijual di eBay
Jika barang pertama yang dijual di Amazon adalah sebuah buku, hal tersebut tentu sangat wajar karena Amazon memang sebuah toko buku online. Namun tahukah Anda apa barang pertama yang dijual di eBay, mengingat eBay adalah sebuah toko online yang menjual berbagai macam barang dari mulai topi hingga biji kedelai. Bahkan jika Anda mengetahui bagaimana cara mencarinya, maka tidak akan ada barang yang tidak bisa Anda temukan di sana.

eBay didirikan pertama kali sebagai sebuah situs lelang oleh Pierre Omidyar pada tahun 1994. Bermula dari hobi yang dimilikinya, Omidyar kemudian menaruh beberpa barang untuk dijual di websitenya tersebut. Akhirnya pada tahun 1995, ia berhasil menjual barang pertamanya melalui eBay ini, yaitu sebuahpointer laser yang sudah rusak dan terjual dengan harga $14. Omidyar mengatakan bahwa orang yang membeli laser tersebut sudah mengetahui jika laser tersebut memang rusak, namun ia tetap membelinya karena ia merupakan seorang kolektor laser.

13. Orang pertama Daftar Facebook
Yang punya gan, Si Mark Zuckerberg.
Founder facebook ini adalah orang yang pertama mendaftar di situs jejaring fenomenal ini dengan nomor id 4.  [dulu: http://www.facebook.com/profile.php?id=4]

14. ID Pertama di Kaskus
Berdasarkan User ID: vadmin *Join Date: 29-12-2003 

Bersarkan Tahun Join: Anonymous *Join Date: 20-12-2001






Previous
Next Post »

2 komentar

Tulis komentar
17/1/15 19:02 delete

WOW,AMAZING SIR
I HOPE YOUR THIS LINK HAVE MANY FOLLOWERS

Reply
avatar

- Kritik dan saran sangat saya nantikan untuk kemajuan blog ini.
- Silakan report, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan LINK AKTIF.
ConversionConversion EmoticonEmoticon